Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Uganda Nikahi 3 Perempuan Sekaligus dalam Satu Pesta Perkawinan

Kompas.com - 09/01/2018, 13:57 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KAMPALA, KOMPAS.com — Seorang pria asal Uganda menjadi buah bibir di negerinya setelah menikahi tiga perempuan sekaligus dalam satu upacara.

Mohammed Ssemanda (50), pedagang makanan dari kota Katabi, Distrik Wakiso, Uganda, mengejutkan warga setelah muncul dengan membawa tiga perempuan yang semuanya mengenakan gaun pengantin.

Ketiga istri baru Ssemanda itu adalah Salmat Naluwugge (48), Jameo Nakaziya (27), dan Mastulah Namwanje (24). Mereka bertiga terlihat amat berbahagia dalam pernikahan tersebut.

Menariknya, Salmat Naluwugge adalah istri pertama Ssemanda yang sudah dinikahi 20 tahun dan memberi pria itu lima anak.

Baca juga: Kisah Gulzar Khan, Pria Pakistan Beristri Tiga dan Beranak 36 Orang

Pesta ini adalah upacara pembaruan janji pernikahan mereka. Sementara dua istri lainnya ternyata adalah adik-adik sang istri pertama.

Lalu, apa alasan Ssemanda menggelar pesta pernikahan untuk ketiga istrinya itu secara bersamaan? Ternyata masalahnya adalah biaya pernikahan.

Ssemanda mengatakan, dirinya tak mampu membiaya tiga pesta pernikahan terpisah sehingga "mengakalinya" dengan membuat satu pesta untuk ketiga istrinya itu.

"Istri-istri saya tak pernah saling cemburu. Semua sudah saya beri satu rumah dan saya berjanji bekerja keras untuk menghidupi mereka," ujar Ssemanda.

Sementara itu, Salmat Naluwugge, kepada harian Uganda Vision, mengatakan, dirinya amat bersyukur dengan pesta pernikahan yang digelar suaminya ini.

"Saya berterima kasih kepada suami kami karena menikahi kami secara bersamaan. Ini adalah tanda bahwa dia tidak akan membeda-bedakan kami," ujar Salmat.

Baca juga: Beristri Empat, Pria Ini Terapkan Jam Malam dan Tiap Istri Dapat Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com