Kompas.com - 08/01/2018, 23:04 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

LONDON, KOMPAS.com - Angkatan laut Inggris mengirim kapal perangnya untuk mencegat dan mengawal kapal milik angkatan laut Rusia yang terpantau di wilayah perairannya.

Tiga buah kapal berbendera Rusia, yakni dua kapal perang kecil dan sebuah kapal tanker terlihat di Selat Inggris.

Angkatan Laut Inggris lantas mengirim kapal HMS Westminster tipe 23 untuk mengawal kapal Rusia itu.

Dilansir dari Telegraph, sumber angkatan laut Inggris mengatakan, adanya kontak dengan armada laut Rusia itu kerap terjadi.

Baca juga: 7 Kapal Perang Korsel Ikut Latihan dengan AS

Namun, dengan adanya peningkatan aktivitas angkatan laut Rusia hingga sepuluh kali lipat di wilayah perairan kerajaan Inggris dan juga Atlantik Utara dalam satu dekade terakhir menjadi perhatian tersendiri.

Peningkatan aktivitas militer angkatan laut Rusia bahkan semakin jelas terlihat beberapa tahun terakhir menyusul Moskwa yang mendukung Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

Kapal perang Inggris beberapa kali dikirim dalam misi pengawalan kapal Rusia.

Sebelumnya, kapal perang HMS Saint Albans dikirim saat Natal untuk melacak kapal Rusia Admiral Gorshkov yang melintasi Laut Utara dekat Inggris.

Sehari sebelumnya, kapal HMS Tyne juga dikirim untuk mengawal sebuah kapal pengumpulan intelijen Rusia melalui Laut Utara dan Selat Inggris.

Militer Inggris juga sempat mengirim helikopter tipe Wildcat untuk memantau dua kapal Rusia.

Baca juga: Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Indonesia, Australia Waspada

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.