Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Merampok Bank demi Membeli Cincin Tunangan

Kompas.com - 08/01/2018, 15:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MIDDLETON, KOMPAS.com - Seorang pria asal Ohio, AS ditahan dengan tuduhan melakukan perampokan bank. Polisi menduga, pelaku menggunakan uang hasil rampokan untuk membeli cincin tunangan.

Dustin F Pederson (36) dituduh menjadi pelaku dalam kasus perampokan sebuah bank lokal pada 16 Desember 2017 lalu.

Pederson awalnya tidak masuk dalam daftar tersangka yang dimiliki polisi, namun semuanya berubah setelah terjadi kasus perampokan berikutnya pada 22 Desember 2017.

Dilaporkan Journal News, yang dilansir New York Daily News, polisi mendapat laporan dari salah seorang saksi yang melihat Pederson mengenakan topi seperti yang digunakan pelaku perampokan.

Baca juga: Trauma Perampokan, Pirelli dan McLaren Batal Uji Ban F1

Pada kejadian perampokan pertama, pelaku dikatakan para saksi mengenakan kacamata hitam, jaket, sarung tangan putih dan topi berwarna oranye.

"Pelaku perampokan menyerahkan catatan kepada teler bank meminta uang 20.000 dolar AS (sekitar Rp 268 juta) tanpa tinta penanda," kata detektif polisi Sean Gil dalam persidangan yang digelar Rabu (3/1/2018) pekan lalu.

Namun sepertinya pelaku terburu-buru dan langsung meninggalkan bank saat teler baru menyerahkan kantong pertama yang berisi uang 8.800 dolar AS (sekitar Rp 118 juta).

Polisi menangkap pelaku setelah salah seorang tetangga mengaku melihat Pederson keluar rumah dengan mengenakan pakaian yang sama seperti yang dikenakan pelaku pada hari kejadian perampokan pertama.

Di persidangan, Pederson membantah sebagai pelaku dan hanya mengaku dirinya mirip dengan pelaku yang terekam kamera pengawas.

Polisi juga menemukan kacamata, sarung tangan dan jaket mirip dengan yang dikenakan pelaku di mobil Pederson.

Detektif Gil menyampaikan dugaan uang digunakan Pederson untuk membeli cincin tunangan setelah menemukan bukti pembelian cincin senilai 4.500 dolar AS (sekitar Rp 60 juta) yang tertanggal sama dan hanya berselang satu jam dari waktu kejadian perampokan.

Baca juga: 36 Turis Belanda Jadi Korban Perampokan Polisi Palsu di Bandara

Bukti lain yang memperkuat hal itu didapat dari rekaman telepon Pederson kepada tunangannya dari dalam tahanan yang membahas soal perampokan tersebut.

Pederson kini ditahan di penjara Middleton City dan akan dipindahkan ke penjara Butler County untuk pembacaan hasil perundingan juri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com