Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Ulang Tahun, Kim Jong Un!

Kompas.com - 08/01/2018, 11:58 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


PYONGYANG, KOMPAS.com - Hari ini, 8 Januari 2018, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un genap berusia 34 tahun. Namun, sejumlah kalender tahun ini yang beredar di Korea Utara tidak mencantumkan tanggal kelahiran Kim.

Dilansir dari USA Today, Kim diyakini lahir pada 8 Januari 1984, namun pemerintah tidak pernah mengonfirmasi hal tersebut.

Seorang sumber di Provinsi Selatan Pyongan kepada Daily NK mengatakan, persepsi negatif terhadap Kim menjadi alasan dibalik tidak dicantumkannya hari lahir Kim di kalender 2018.

Seperti banyak hal yang tidak pernah terungkap, belum pernah diketahui masyarakat Korea Utara menggelar perayaan ulang tahun Kim.

Baca juga : Ada Apa dengan Penampilan Baru Kim Jong Un?

The Sydney Morning Herald mewartakan Kim lahir di Korea Utara, putra bungsu dari pasangan Kim Jong Il dan seorang penari etnis Korea kelahiran Jepang bernama Ko Yong Hui.

Lalu, seperti apa kehidupan Kim yang pernah tercatat?

CNN melaporkan pada awal 1990-an, Kim dan dua saudara kandungnya bersekolah di Bern, Swiss, di mana mereka belajar bahasa Jerman dan Perancis, bersama dengan pelajar internasional lainnya.

Bibi yang merawat mereka ke sana justru membelot ke Amerika Serikat.

"Saya memintanya untuk membawa teman-temannya ke rumah karena kami ingin mereka menjalani kehidupan normal. Saya juga membuat kudapan untuk mereka," ujar Ko Yong Suk, bibi Kim, dalam sebuah wawancara dengan Washington Post.

"Mereka makan kue dan bermain Lego," tambahnya.

Saat itu, Kim Jong Un berusia 12 tahun.

Kim Jong Il (depan kiri), putra bungsunya Kim Jong Un (kanan depan), di baris kedua (dari kiri);  istri keempatnya Kim Ok, saudara perempuannya, Kim Kyong-hui dan suaminya, Jang Song-Thaek.Telegraph Kim Jong Il (depan kiri), putra bungsunya Kim Jong Un (kanan depan), di baris kedua (dari kiri); istri keempatnya Kim Ok, saudara perempuannya, Kim Kyong-hui dan suaminya, Jang Song-Thaek.

Disneyland dan Basket

Menurut keterangannya, mereka juga pernah mengunjungi taman hiburan Disney di Paris, berenang di Riviera di Perancis, makan di restoran di Italia, dan berseluncur di Pengunungan Alpen.

Ko Yong Suk juga mengungkapkan obsesi Kim terhadap olahraga basket. Kim bahkan tidur bersama dengan sebuah bola basket.

Kim muda pernah memiliki PlayStation dan sepatu terkini Air Jordan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com