Kompas.com - 07/01/2018, 15:01 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


BEIJING, KOMPAS.com - Sebanyak 32 anak buah kapal (ABK), yang terdiri atas 30 warga Iran dan dua warga Bangladesh hilang, setelah dua kapal bertabrakan di lepas pantai timur China, Sabtu (6/1/2018) malam waktu setempat.

Dilansir dari Xinhua, tabrakan terjadi antara kapal tanker minyak yang terdaftar di Panama dan kapal kargo Hong Kong, sekitar pukul 20.00 waktu setempat, 257 km di sebelah timur muara Sungai Yangtze.

Kementerian Perhubungan China melaporkan 32 ABK yang hilang berasal dari kapal tanker minyak yang terbalik setelah tabrakan. Sementara, 21 ABK kapal kargo curah yang seluruh warga China telah dievakuasi.

Baca juga : Kapal Tabrakan di Perairan Buton, Satu Nelayan Hilang

Kapal tanker minyak SANCHI sepanjang 274 meter dimiliki oleh perusahan pelayaran Iran. Kapal itu mengangkut 136.000 ton minyak kondensat dan melakukan perjalanan ke Korea Selatan. Seluruh minyak tumpah ke laut,

Kapal kargo CF CRYSTAL sepanjang 225 meter membawa 64.000 ton gandum dan sebagian rusak. Kapal milik perusahaan pelayaran China ini sedang melakukan perjalanan dari Amerika Serikat ke Guangdong, China.

Baca juga : Sebuah Kapal Tanker Terbakar di Teluk Meksiko

Otoritas maritim China telah mengirim 8 kapal, termasuk tiga unit kapal untuk operasi pencarian dan penyelamatan ABK.

Korea Selatan juga mengirim kapal penjaga pantai dan pesawat untuk membantu pencarian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.