Kompas.com - 03/01/2018, 19:57 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Etiopia, Hailemariam Desalegn, membuat langkah politik yang mengejutkan.

Seperti dikutip Associated Press via The Guardian Rabu (3/1/2018), Desalegn menyatakan bakal membebaskan tahanan politik.

"Mereka yang tengah menghadapi tuntutan, dan telah ditahan semuanya dibebaskan," ujar Desalegn.

PM yang menjabat sejak 2012 itu melanjutkan, pembebasan itu bertujuan untuk membuka dialog politik dan memperluas demokrasi.

Baca juga : Merayakan Keberagaman di Etiopia

Penjara yang digunakan untuk menyiksa lawan politik, atau dikenal dengan nama tradisional Maekelawi, bakal ditutup dan dijadikan museum.

Sebuah penjara baru bakal dibangun, dengan Desalegn menuturkan sistem hukumannya bakal mengadopsi standard internasional.

Mantan tahanan politik Etiopia, Befeqadu Hailu, mengatakan bahwa segala janji yang diucapkan oleh Desalegn harus segera dilaksanakan. "Saya masih membayangkan betapa pedihnya penderitaan yang pernah saya alami," kata Hailu.

Pernyataan Desalegn muncul pasca-demonstrasi anti-pemerintah yang terjadi di kawasan Oromia dan Amhara.

Demo itu membuat kawasan perkantoran, lembaga pendidikan, dan moda transportasi menjadi lumpuh.

Adapun demonstrasi massal yang terjadi sejak 2016, disertai dengan bentrokan yang terjadi antara aparat keamanan dan warga, membuat Etiopia berada dalam kondisi keadaan darurat.

BBC memberitakan, akibat kondisi tersebut, kelompok pendukung HAM di Etiopia menuduh negara sering melakukan penahanan sosok yang dianggap anti-pemerintah secara massal tanpa melalui proses persidangan.

Baca juga : Tanpa Penjelasan, Otoritas Etiopia Bekukan Adopsi Antar Negara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.