Kompas.com - 02/01/2018, 15:02 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Departemen Luar Negeri Pakistan langsung memanggil duta besar AS sebagai reaksi atas cuitan Presiden Donald Trump.

Duta Besar AS untuk Pakistan David Hale telah diminta untuk datang ke Departemen Luar Negeri di Islamabad pada Senin (1/1/2018) malam.

Dikutip dari AFP, Selasa (2/1/2018), seorang juru bicara kedutaan AS telah mengkonfirmasi pertemuan Hale dengan para pejabat luar negeri Pakistan.

"Ada pertemuan, tapi kami tidak akan berkomentar tentang isi dari pertemuan tersebut," kata juru bicara kedutaan AS.

Hal tersebut sebagai respon atas tuduhan yang dilayangkan Presiden AS Donald Trump terhadap Pakistan dengan menyebut negara itu telah menyediakan tempat aman bagi para teroris Afghanistan.

Baca juga: AS Ancam Bakal Hentikan Anggaran Bantuan untuk Pakistan

Trump, kembali membuat kontroversi setelah melalui cuitannya di Twitter, menyebut Pakistan tidak memberi balasan apapun sedangkan AS telah memberikan dana bantuan hingga miliaran dolar AS selama 15 tahun kepada Pakistan.

Atas tuduhan itu, Pakistan langsung bereaksi dan membantah tuduhan serta mengatakan telah berbuat banyak untuk AS.

Pakistan menyebut telah membantu AS menekan Al Qaeda, namun justru dibalas dengan pernyataan Trump yang mengaku menyesal dan tidak percaya kepadanya.

Dalam tulisan di media sosialnya, Trump juga mengatakan pemberian bantuan kepada Pakistan sebagai sebuah kesalahan.

Hal tersebut melanjutkan keputusan pemerintahan Trump pada Agustus 2017 lalu yang mempertimbangkan menahan pemberian bantuan sebesar 255 juta dolar AS untuk Pakistan karena dianggap gagal memberantas kelompok teror di Pakistan.

Baca juga: Palestina Panggil Utusannya untuk Organisasi Pembebasan di AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.