Kompas.com - 30/12/2017, 14:33 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Setelah China yang dituding AS masih menjual minyak kepada Korea Utara, kini ada sumber yang mengungkap adanya kapal Rusia juga melakukan hal yang sama.

Dilaporkan Reuters, sumber pejabat keamanan Eropa barat menyebut ada kapal tanker Rusia yang secara berkala menyuplai minyak dan bahan bakar di tengah laut kepada kapal Korea Utara.

Sumber itu menyebut tidak ada bukti yang menunjukkan proses transfer kargo tersebut didukung oleh pemerintah Rusia.

Walau demikian, tindakan tersebut memberi kesempatan kepada Korea Utara yang tengah menghadapi sanksi internasional akibat ambisi pengembangan nuklir dan misilnya.

"Sejauh ini kami tidak menemukan bukti yang menunjukkan transaksi itu didukung oleh pemerintah Rusia, meskipun benar kapal-kapal tersebut berasal dari Rusia," kata sumber dikutip dari Express, Sabtu (30/12/2017).

Baca juga: PBB Larang 4 Kapal Korea Utara Merapat di Pelabuhan Internasional

Sumber lain mengatakan proses transaksi di tengah laut itu diketahui terjadi pada bulan Oktober dan berulang pada November.

Kedua sumber tersebut mengaku memperoleh informasi dari data intelijen dan foto satelit yang menunjukkan kapal-kapal yang beroperasi di luar pelabuhan Timur Jauh Rusia di Pasifik.

Kapal tanker berbendera Rusia yang dimaksud, menurut laporan Express adalah Vityaz.

Menurut dokumen kontrol pelabuhan Rusia, kapal yang meninggalkan pelabuhan Slavyanka dekat Vladivostok di Rusia pada 15 Oktober lalu itu membawa muatan 1.600 ton minyak.

Tujuan kapal berlayar untuk penangkapan ikan di Laut Jepang. Namun, data pengiriman menunjukkan kapal itu sempat mematikan transpondernya selama beberapa hari saat berlayar ke perairan terbuka.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.