Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuduh Penumpang Curi Selimut, American Airlines Minta Maaf

Kompas.com - 29/12/2017, 07:56 WIB


DALLAS, KOMPAS.com — Seorang awak kabin American Airlines menuduh dua pemain basket profesional mencuri selimut dari kabin kelas satu lalu mengusir keduanya keluar pesawat.

Marquis Teague dan Trahson Burrell naik pesawat itu pada malam Natal dalam perjalanan menuju ke sebuah pertandingan basket.

Dilansir dari BBC Indonesia, Jumat (29/12/2017), sebelum pesawat lepas landas, seorang awak kabin menuding dua pria tersebut telah mengambil selimut dari kabin kelas satu dan mereka dipaksa keluar dari pesawat.

Terungkap kemudian, kedua pemain basket tersebut mendapat selimut karena diberi penumpang lain.

Baca juga: American Airlines Tak Sengaja Liburkan Ratusan Pilotnya di Masa Natal

Baik Teague maupun Burrell , yang bermain untuk Memphis Hustle, tim di bawah naungan National Basketball Association (NBA), belum mengomentari insiden tersebut.

Namun, asisten pelatih Hustle, Darnell Lazere, berkicau dalam Twitter-nya mengungkapkan keyakinan insiden tersebut didorong prasangka rasial.

"Ketika awak kabin melihat dua orang kulit hitam membawa selimut dari kabin kelas satu, cuitnya, tanggapan pertama adalah, 'Apakah kalian mencurinya'," kicaunya.

"Bagaimana kalau Anda mengajarkan untuk terlebih dahulu mendapatkan fakta-faktanya sebelum melompat pada suatu kesimpulan?" tambahnya.

Para pemain basket tersebut terbang dari Bandara Internasional Dallas-Fort Worth ke Sioux Falls, South Dakota, dalam penerbangan yang dioperasikan Envoy Air, anak perusahaan American Airlines.

Juru bicara American Airlines, Joshua Freed, mengatakan, pihak maskapai tengah mengkaji insiden tersebut.

"Kami mohon maaf atas apa yang terjadi dalam penerbangan ini. Kami tahu bahwa dalam penerbangan ini kami membuat sejumlah pelanggan kami kecewa," katanya.

Pola memprihatinkan

Setelah peristiwa tersebut, Teague dan Burrell lantas diberi tiket kelas satu dan terbang ke tujuan akhir mereka dengan penerbangan selanjutnya.

Tim mereka memenangi pertandingan di hari Natal melawan Sioux Falls Skyforce 131-115. Dalam pertandingan itu, Burrel mencetak 15 angka dan Teague mencetak 11 angka.

Maskapai American Airlines sudah berkali-kali dituduh bias dalam cara menangani beberapa pelanggan.

Baca juga: American Airlines Diskriminatif, Warga Afro-Amerika Diminta Hati-hati

Pada Oktober 2017, kelompok pegiat hak-hak sipil NAACP memperingatkan "sebuah pola kejadian yang memprihatinkan terus terjadi sebagaimana dilaporkan oleh penumpang keturunan Afrika-Amerika, khususnya di American Airlines".

Maskapai ini kemudian berjanji memberikan pelatihan baru bagi 120.000 karyawan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com