Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Keluarga asal Zimbabwe Tertahan Dua Bulan di Bandara Bangkok

Kompas.com - 28/12/2017, 21:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Daily Mail

BANGKOK, KOMPAS.com - Satu keluarga asal Zimbabwe dilaporkan terdampar di bandara Suvarnabhumi Bangkok selama dua bulan terakhir. Mereka ditolak masuk ke Thailand, namun juga menolak kembali ke negara asal.

Polisi imigrasi Thailand, pada Kamis (28/12/2017) mengatakan keluarga yang terdiri dari empat orang dewasa dan empat anak-anak, berusia antara 2 hingga 11 tahun, telah berada di bandara sejak akhir Oktober.

Keluarga itu tertahan di bandara setelah kehabisan visa untuk perjalanan lebih lanjut, namun mereka juga menolak kembali ke Zimbabwe.

Mereka juga ditolak kembali memasuki wilayah kerajaan Thailand karena telah melebihi batas izin tinggal. Kondisi itu membawa keluarga itu akhirnya hanya bisa bertahan di kawasan bandara.

Baca juga: Listrik Padam, Bandara Atlanta di AS Batalkan 1.142 Penerbangan

Kondisi yang dialami keluarga Zimbabwe itu pertama diketahui publik melalui foto yang diunggah salah seorang warga Thailand di Facebook. Mengundang simpati dari berbagai kalangan karena terjadi di masa liburan Natal.

Kepolisian imigrasi mengatakan keluarga itu tiba di Thailand dengan visa turis pada bulan Mei. Namun pada 23 Oktober, saat akan melanjutkan perjalanan ke Spanyol melalui Ukraina, mereka ditolak maskapai penerbangan karena tidak memiliki visa Spanyol.

Dan karena mereka telah melampaui batas izin tinggal di Thailand selama beberapa bulan, mereka dilarang untuk masuk kembali.

Opsi untuk kembali ke Zimbabwe juga ditolak pihak keluarga itu dengan alasan kekhawatiran akan keselamatan mereka jika pulang ke negara mereka.

Beruntung pihak bandara bersedia menyediakan makanan untuk mereka.

Juru bicara Badan Pengungsi PBB di Bangkok, Vivian Tan mengatakan, UNHCR tengah berupaya mencari solusi untuk keluarga tersebut, namun menolak memberi keterangan lebih dengan alasan kerahasiaan.

Baca juga: Pesawat Komersial Akhirnya Darati Bandara Paling Tak Berguna di Dunia

Dengan adanya perjanjian visa on arrival, negara Thailand memang kerap menjadi tujuan bagi mereka yang melarikan diri dari perselisihan maupun kemiskinan.

Namun visa tersebut tidak bisa digunakan untuk menetap secara legal, sehingga mereka yang menghendaki suaka harus mencari negara tujuan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com