Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Rusia Sepakat Tak Akui Korea Utara sebagai Negara Nuklir

Kompas.com - 28/12/2017, 20:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat dan Rusia sependapat tidak akan mengakui klaim Presiden Kim Jong Un yang menyebut Korea Utara telah menjadi negara nuklir sepenuhnya.

Dikutip dari The Independent, Kamis (28/12/2017), Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang berbicara melalui sambungan telepon, sepakat bahwa kedua negara tetap pada pendirian mereka.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert menyampaikan dalam sebuah pernyataan, kedua negara, AS dan Rusia, sepakat tidak mengakui klaim Korea Utara sebagai negara nuklir.

Baca juga: Kim Jong Un: Kami Telah Layak Disebut Negara Nuklir

Kedua negara juga akan terus berupaya mencari solusi diplomatik untuk mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Namun, dalam komunikasi pada Selasa (26/12/2017) itu, Lavrov juga mengkritik retorika agresif yang dilakukan Presiden Donald Trump terhadap Korea Utara.

Pembahasan via telepon itu terjadi menyusul pernyataan Rusia yang mengatakan kesiapan menjadi mediator dalam dialog antara Washington dengan Pyongyang.

Hal yang dirasa lebih bermanfaat dari hanya sekadar saling mengejek seperti yang sedang dilakukan oleh Trump dan Kim Jong Un selama beberapa bulan terakhir.

Pekan lalu, Dewan Keamanan PBB juga telah mengeluarkan resolusi sanksi tambahan terhadap Korea Utara yang membatasi ekspor hasil minyak bumi dan memulangkan tenaga kerja asal Korea Utara.

Baca juga: Rusia Siap Jadi Mediator antara AS dengan Korea Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com