Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2017, 11:35 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

HARRISBURG, KOMPAS.com — Sebuah kota di Negara Bagian Pennsylvania, AS, mencatatkan rekor tumpukan salju tertebal pada tahun ini.

Badai salju yang melanda kota Erie, Pennsylvania, pada pekan ini menyebabkan sebagian wilayah kota itu tertimbun salju setebal 65 inci atau sekitar 165 sentimeter.

Salju yang menumpuk mulai menutupi mobil dan pintu masuk rumah-rumah penduduk, melumpuhkan kota, hingga mengakibatkan pengumuman situasi darurat.

Ramalan cuaca bahkan memprediksi ketebalan salju akan bertambah menyusul akan datang badai salju pada Kamis (28/12/2017) yang menerjang kota berpenduduk 100.000 orang itu.

"Ini benar-benar peristiwa salju yang melumpuhkan," kata Zach Sefcovic, ahli meteorologi dari Badan Cuaca Nasional, dilaporkan Reuters.com.

Baca juga: Badai Salju Dahsyat, 300-an Mobil dan Truk Terperangkap

"Warga kota sebenarnya tidak asing lagi dengan salju yang menumpuk, tetapi jumlah sebanyak ini dalam waktu sesingkat ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya," lanjutnya.

Sebagian besar wilayah AS memang sedang terancam cuaca dingin yang membekukan saat ini.

Kawasan dari Negara Bagian Montana di barat hingga sampai Maine di timur laut diperkirakan akan mengalami suhu di bawah 10 derajat fahrenheit (-12,2 derajat celsius) pada Kamis.

Terjangan musim dingin di kota Erie disebabkan udara dingin artik yang bergerak di atas danau, yang memiliki suhu air lebih rendah.

Badai salju yang menerjang telah memecahkan rekor selama 59 tahun dengan hujan salju selama dua hari di Pennsylvania yang menyebabkan tumpukan salju setebal 44 inci (111 sentimeter) pada 1958 silam.

Baca juga: Cuaca Buruk dan Salju Lebat Lumpuhkan Perjalanan Transportasi di Eropa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.