Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di AS Ini Lumpuh akibat Salju yang Menumpuk

Kompas.com - 28/12/2017, 11:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HARRISBURG, KOMPAS.com — Sebuah kota di Negara Bagian Pennsylvania, AS, mencatatkan rekor tumpukan salju tertebal pada tahun ini.

Badai salju yang melanda kota Erie, Pennsylvania, pada pekan ini menyebabkan sebagian wilayah kota itu tertimbun salju setebal 65 inci atau sekitar 165 sentimeter.

Salju yang menumpuk mulai menutupi mobil dan pintu masuk rumah-rumah penduduk, melumpuhkan kota, hingga mengakibatkan pengumuman situasi darurat.

Ramalan cuaca bahkan memprediksi ketebalan salju akan bertambah menyusul akan datang badai salju pada Kamis (28/12/2017) yang menerjang kota berpenduduk 100.000 orang itu.

"Ini benar-benar peristiwa salju yang melumpuhkan," kata Zach Sefcovic, ahli meteorologi dari Badan Cuaca Nasional, dilaporkan Reuters.com.

Baca juga: Badai Salju Dahsyat, 300-an Mobil dan Truk Terperangkap

"Warga kota sebenarnya tidak asing lagi dengan salju yang menumpuk, tetapi jumlah sebanyak ini dalam waktu sesingkat ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya," lanjutnya.

Sebagian besar wilayah AS memang sedang terancam cuaca dingin yang membekukan saat ini.

Kawasan dari Negara Bagian Montana di barat hingga sampai Maine di timur laut diperkirakan akan mengalami suhu di bawah 10 derajat fahrenheit (-12,2 derajat celsius) pada Kamis.

Terjangan musim dingin di kota Erie disebabkan udara dingin artik yang bergerak di atas danau, yang memiliki suhu air lebih rendah.

Badai salju yang menerjang telah memecahkan rekor selama 59 tahun dengan hujan salju selama dua hari di Pennsylvania yang menyebabkan tumpukan salju setebal 44 inci (111 sentimeter) pada 1958 silam.

Baca juga: Cuaca Buruk dan Salju Lebat Lumpuhkan Perjalanan Transportasi di Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com