Kompas.com - 27/12/2017, 20:04 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

ABU DHABI, KOMPAS.com - Pengadilan Federal Abu Dhabi menjatuhkan vonis penjara kepada 14 orang terkait kasus spionase dan terorisme.

Hukuman penjara yang dijatuhkan antara 18 bulan hingga 15 tahun. Demikian dilaporkan media lokal.

Selain hukuman kurungan, pengadilan juga menjatuhkan denda mulai dari 50.000 hingga 1 juta dirham (sekitar Rp 184,5 juta - Rp 3,6 miliar).

Dilansir dari Al Arabiya, vonis tertinggi dijatuhkan pada terpidana dengan inisial HAMM selama 15 tahun penjara.

Baca juga: Uni Emirat Arab Memenjarakan Transgender asal Singapura

Terpidana berusia 28 tahun itu terbukti menjadi mata-mata Iran dan divonis bersalah telah membagi informasi rahasia militer kepada agen Iran yang bekerja di kedutaan Iran di Abu Dhabi.

Pengadilan juga memerintahkan terpidana membayar biaya persidangan dan menyita seluruh dokumen rahasia.

Seorang perempuan Sudan berusia 46 tahun dihukum 10 tahun penjara dan dideportasi karena dianggap telah membantu kontak dengan agen Iran.

Seorang warga Emirat juga disanksi 10 tahun penjara ditambah denda 1 juta dirham setelah terbukti mendukung ideologi teroris, termasuk ISIS di Suriah dan Ansar Al Sharia di Yaman.

Empat warga Yordania juga dijatuhi sanksi 10 tahun penjara dan denda 1 juta dirham akibat menyebarkan tulisan yang mendukung ideologi teroris menyebar informasi yang membahayakan stabilitas UEA.

Baca juga: Krisis Diplomatik Qatar, Uni Emirat Arab Tutup Saluran Olahraga beIN

Seorang warga Emirat berusia 35 tahun juga divonis 10 tahun dan denda 100.000 dirham atas tindakan mata-mata untuk Iran.

Sementara rekannya, seorang pria Bahrain berusia 45 tahun dihukum tiga tahun ditambah denda 50.000 dirham.

Dua warga Suriah divonis tujuh tahun penjara dan dideportasi atas terbukti bergabung dengan kelompok ISIS. Terakhir, tiga remaja Suriah berusia 17 tahun dijatuhi vonis 18 tahun penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.