Kompas.com - 27/12/2017, 10:09 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


LOS ANGELES, KOMPAS.com - Bencana kebakaran hutan di California, Amerika Serikat, tidak hanya menghancurkan lingkungan dan mata pencaharian, tapi juga memecahkan rekor.

Kehancuran akibat kebakaran belum berakhir. Api Thomas yang telah membakar lahan seluas gabungan wilayah Dallas dan Miami masih mengamuk di sebelah selatan California.

Berikut sejumlah rekor yang dihasilkan dari peristiwa kebakaran ini, seperti dilansir dari CNN, Selasa (26/12/2017).

Kerugian terbesar dalam sejarah AS

Perkiraan kerusakan akibat kebakaran hutan sepanjang 2017 mencapai 10 miliar dolar AS atau Rp 135,5 triliun. Jumlah itu belum termasuk kebakaran yang menghancurkan selatan California pada Desember 2017.

Baca juga : Kebakaran di California Ancam 18.000 Bangunan dan Rumah Selebriti

Kebakaran terluas di California dalam 5 tahun terakhir

Dalam lima tahun terakhir, api rata-rata membakar hutan seluas 82.050 ha sepanjang 1 Januari hingga 24 Desember.

Angka tersebut meningkat dua kali lipat pada 2017. Lebih dari 204.730 ha lahan telah terbakar di California. Luas hutan yang dilahap api itu hampir tiga kali area di Chicago.

Citra satelit memperlihatkan api Thomas, di sebelah utara Los Angeles, yang telah menyebar sejauh pantai Pasifik. (BBC) Citra satelit memperlihatkan api Thomas, di sebelah utara Los Angeles, yang telah menyebar sejauh pantai Pasifik. (BBC)

Polusi terburuk di Bay Area

Kebakaran hutan di selatan California menyebabkan tingkat polusi udara yang belum pernah terjadi sebelumnya di sleuruh Bay Area.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.