Kompas.com - 26/12/2017, 21:13 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan Suriah untuk memperluas markas militer secara permanen di negara itu.

Kementerian Pertahanan Rusia dilaporkan kantor berita RIA, mengatakan pada Selasa (26/12/2017), parlemen telah mengesahkan kesepakatan dengan Damaskus itu.

Nantinya, Rusia akan membangun markas untuk angkatan laut dan udaranya sebagai langkah memperkuat kehadiran negara itu di Suriah.

Dikutip dari Reuters.com, kesepakatan tersebut yang akan ditandatangani pada Januari 2018 mendatang bakal memperluas kawasan fasilitas angkatan laut, Tartus, satu-satunya pangkalan angkatan laut milik Rusia di kawasan Mediterania.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

Selain itu, kesepakatan tersebut juga mengizinkan kapal perang Rusia untuk memiliki akses ke pelabuhan dan wilayah perairan Suriah.

"Panglima tertinggi (Presiden Vladimir Putin) pada pekan lalu telah menyetujui struktur dan markas di Tartus dan Hmeimim (pangkalan udara). Kami telah memulai membangun kehadiran secara permanen di sana," kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dilansir RIA.

Pangkalan laut Tartus, yang digunakan sejak masa Uni Soviet,  saat ini dianggap sudah terlalu sempit untuk menampung kapal-kapal perang Rusia yang semakin besar.

Menurut laporan RIA, di masa mendatang, pangkalan tersebut akan mampu untuk menyimpan hingga 11 kapal perang, termasuk kapal nuklir.

Sedangkan pangkalan udara Hmeimim yang sempat digunakan untuk melancarkan serangan bantuan kepada pemerintah Presiden Bashar al-Assad mengatasi pemberontak, ke depan dapat digunakan tanpa batas waktu.

Kesepakatan kedua negara akan berlaku selama 49 tahun dan mungkin diperpanjang.

Baca juga: Penguatan Alutsista, Rusia Prioritaskan Nuklir dan Tank

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.