Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Petasan pada Festival Malam Natal di Kuba Lukai 39 Orang

Kompas.com - 26/12/2017, 14:30 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


HAVANA, KOMPAS.com - Ledakan petasan melukai 39 orang, termasuk anak-anak usia 11-15 tahun, dalam festival Malam Natal, di Kuba.

Dilansir dari Straits Times, Selasa (26/12/2017), festival Parrandas yang telah digelar selama berabad-abad berlangsung setiap 24 Desember, di pusat koto Remedios. Acara itu menarik perhatian ribuan orang Kuba dan turis asing.

"Peristiwa yang tidak menguntungkan melibatkan petasan terjadi tadi malam di Remedios," tulis kantor berita berbasis internet milik pemerintah, Cubadebate, pada Senin (25/12/2017).

Baca juga : Polisi Australia Bubarkan Pesta Natal di Pantai Sydney

Sekitar 20 orang tercatat mengalami luka parah, bahkan badan kesehatan setempat melaporkan beberapa di antaranya menderita luka sangat serius dan sangat kristis.

Semua yang terkena dampak petasan berasal dari penduduk lokal. Tidak ada laporan yang menyebutkan wisatawan mancanegara menjadi salah satu korban.

Dalam rekaman yang dirilis Global News, terlihat petasan yang dinyalakan mulai tak terkendali dengan dan meluncur ke arah kerumunan orang.

Pemerintah setempat masih menyelidiki penyebab ledakan.

Remedios terletak di provinsi Villa Clara, di sebelah pantai utara pulau tersebut.

Baca juga : Warga Muslim Hadir di Perayaan Natal Pertama di Irak Setelah ISIS Kalah

Dua kota di sana selalu menyelenggarakan acara spektakuler di malam Natal setiap tahunnya. Masyarakat biasanya menggelar karnaval dan menyalakan petasan serta kembang api.

Laman Express menulis, karnaval Parrandas itu digelar sejak abad 18  di Remedios. Dalam festival itu, berbagai vendor menyediakan makanan dan mainan buatan tangan.

Pada 2013, festival Parrandas dinobatkan sebagai warisan budaya di Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com