Kompas.com - 23/12/2017, 12:33 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Biro Penyelidik Federal (FBI) Amerika Serikat menangkap seorang pria yang diduga merencanakan serangan teror di lokasi wisata populer, di San Francisco, AS, pada Hari Natal.

Dilansir dari VOA, Jumat (22/12/2017), pihak berwenang federal mengumumkan penangkapan terhadap Everitt Aaron Jameson (26), asal Modesto, California, pada pekan ini.

Jameson diduga telah berencana untuk menyerang Pier 39 di San Francisco, California, dengan meledakkan bom jarak jauh dan kemudian menembak para pengunjung dengan senapan otomatis.

Rencana Jameson itu dibeberkan kepada agen FBI yang sedang menyamar. Menurut dokumen FBI, Jameson memilih lokasi tersebut karena dipenuhi dengan keramaian orang.

Baca juga : Polisi Inggris Tangkap Empat Orang Diduga Rencanakan Aksi Teror

Menurutnya, pada Senin (25/12/2017), tepat saat Natal, menjadi hari yang sempurna untuk serangan teror. Dia juga berencana untuk melarikan diri dan siap untuk mati.

Jameson diduga mendukung gerakan radikal, dengan berbagai unggahannya di media sosial.

Agen FBI menemukan catatan tentang rencana bunuh diri di rumah Jameson, beserta dengan senapan, pistol, amunisi, dan surat wasiat.

Dalam catatat itu, dia mengecam pengakuan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Baca juga : CIA Bantu Rusia Cegah Teror, Putin Ucapkan Terima Kasih ke Trump

Jameson pernah menerima pelatihan sebagai penembak jitu di Marinis AS pada 2009. Dia dipecat karena melakukan kecurangan pendaftaran dengan menutupi fakta penyakit asma yang dideritanya.

Kepada agen FBI yang menyamar, Jameson meminta bantuan pengadaan senapan serbu, amunisi bubuk, tabung dan paku untuk membuat bom pipa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber VOA News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.