Kompas.com - 22/12/2017, 11:09 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


WASHINGTON, KOMPAS.com — Seekor penyu laut terjebak di antara balok-balok berisi kokain senilai 53 juta dollar AS atau Rp 718,4 miliar di Samudra Pasifik.

Dilansir dari The Telegraph, Kamis (21/12/2017), penyu yang diselamatkan penjaga pantai AS pada 19 November 2017 itu terjerat tali berwarna biru yang menghubungkan bungkusan kecil berisi 800 kg obat terlarang kelas A.

Koordinator penjaga pantai, Mark Krebs, dan timnya menyadari keberadaan penyu yang terluka saat menyelidiki adanya benda-benda mengambang di laut.

"Ada banyak lilitan tali di leher dan kaki penyu," katanya.

Baca juga: Ratusan Penyu Mati di Pesisir El Salvador

"Kemudian mereka mengabarkan kepada petugas komando. Tim bekerja dengan hati-hati untuk memotong tali yang melilit penyu dan kemudian membebaskannya," lanjutnya.

Reptil laut yang terjebak di antara benang-benang itu diselamatkan dalam sebuah operasi patroli obat-obatan terlarang selama 68 hari oleh Militer AS di Pasifik Timur sepanjang pantai Amerika Tengah.

Operasi Martillo itu telah menyita total 6.775 kg kokain; 6,5 kg ganja; dan menangkap 24 tersangka penyelundupan obat terlarang.

Operasi internasional yang melibatkan 18 negara ini menargetkan organisasi kriminal yang mengirimkan muatan ilegal antarnegara.

Pada November 2017, 300 hingga 400 penyu mati di lepas Pantai El Salvador. Bangkai hewan itu ditemukan dalam keadaan membusuk. Penyebabnya diduga berasal dari dampak buruk sampak plastik di laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.