Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Mayat Tergantung di Tiga Jembatan Berbeda di Meksiko

Kompas.com - 21/12/2017, 08:59 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


LOS CABOS, KOMPAS.com — Enam mayat tergantung di tiga jembatan berbeda di dekat resor turis Los Cabos, Negara Bagian Baja California Sur, Meksiko, Rabu (20/12/2017).

Dilansir dari The Guardian, dua mayat ditemukan di jembatan di Las Veredas, dekat dengan Bandara Internasional Los Cabos, dan dua lainnya digantung di dua jembatan di jalan raya antara Cabo San Lucas dan San Jose del Cabo.

Kemudian, dua mayat juga ditemukan tergantung di jembatan di dekat bandara. Pihak berwenang belum memberikan keterangan rinci terkait identitas jenazah tersebut.

Namun, kelompok narkoba biasanya sering menggantung mayat korban pembunuhan di tempat umum untuk mengintimidasi saingan mereka.

Baca juga: Bus Turis di Meksiko Terbalik, 12 Orang Tewas

Kekerasan geng narkoba menjadikan tahun ini sebagai tahun paling mematikan dalam sejarah modern Meksiko. Kepala Polisi Los Cabos bahkan tertembak dan tewas pada pekan lalu.

Gubernur Negara Bagian Baja California Sur Carlos Mendoza Davis mengatakan, kepolisian sedang menyelidiki insiden itu.

"Saya mengutuk tindakan ini dan ekspresi kekerasan seperti apa pun. Kini kita harus bersatu," ucapnya melalui Twitter.

Kekerasan di semenanjung Baja California Sur terus meningkat, terutama di sekitar resor Los Cabos yang dikunjungi jutaan turis asing setiap tahunnya.

Munculnya Kartel Jalisco generasi baru membuat negara tersebut menghadapi perselisihan sengit dengan kelompok kriminal sehingga memicu tingkat pembunuhan.

Pada Selasa (19/12/2017), pihak berwenang Negara Bagian Utara Chihuahua menyebutkan 12 orang tewas dalam bentrokan antara kelompok bersenjata.

Baca juga: Gembong Narkoba Meksiko El Chapo Guzman Diekstradisi ke AS

Pada Juni 2017, pihak berwenang Meksiko menemukan kuburan massal yang berisi mayat 11 pria dan 3 perempuan di dekat Los Cabos.

Kasus pembunuhan meningkat dua kali lipat di Baja California Sur tahun ini, dengan 409 orang terbunuh hingga Oktober 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com