Kompas.com - 20/12/2017, 21:52 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Duta Hak Asasi PBB untuk Myanmar mengatakan pada Rabu (20/12/2017), dirinya dicegah pemerintah setempat memasuki wilayah negara itu.

Tindakan pengucilan tersebut, dikatakan pelapor khusus PBB untuk hak asasi di Myanmar, Yanghee Lee, justru semakin mengisyaratkan akan adanya kondisi mengerikan yang terjadi di Rakhine.

Lee awalnya dijadwalkan mengunjungi Myanmar pada Januari 2018 untuk menilai situasi hak asasi manusia di seluruh negara itu, termasuk Rakhine yang menjadi rumah komunitas muslim minoritas Rohingya.

"Saya bingung dan kecewa dengan keputusan pemerintah Myanmar yang melarang saya datang ke negara itu," kata Lee dikutip AFP.

Baca juga: Myanmar Tegaskan Pemulangan Pengungsi Rohingya Mulai Januari 2018

Lee mendapat tugas dari PBB untuk mengunjungi Myanmar dua kali setahun dan melapor kepada Dewan Hak Asasi Manusia dan Majelis Umum PBB.

"Pernyataan yang bertentangan dengan amanat yang saya terima ini hanya bisa dipahami sebagai indikasi kuat akan adanya sesuatu yang mengerikan sedang terjadi di Rakhine, maupun wilayah negara lainnya," tambah Lee.

Larangan yang dijatuhkan padanya, diduga dibuat berdasarkan pernyataan yang disampaikan Lee usai kunjungan terakhirnya ke Myanmar pada Juli lalu.

Kala itu Lee mengkritik catatan hak asasi pemerintah dan perlakuan mereka terhadap Rohingya.

Pemerintah Myanmar pun menanggapi pernyataan yang disampaikan Lee terlalu berprasangka dan tak adil.

PBB telah memastikan Myanmar mundur dari kerja sama selama Lee masih menjabat sebagai utusan mereka untuk negara itu.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.