Kompas.com - 20/12/2017, 15:53 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran membantah tudingan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley, bahwa mereka memasok rudal balistik ke kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

Melalui jurubicara Kemenlu, Bahram Ghasemi, Iran menyatakan tidak memiliki hubungan apapun dengan Houthi.

"Tuduhan bahwa Iran menyuplai senjata ke sejumlah grup berbahaya Timur Tengah dengan tegas kami bantah," kata Ghasemi seperti dikutip kantor berita AFP Rabu (20/12/2017).

Ghasemi menjelaskan, dia tidak bisa memahami mengapa Haley dan koalisi yang dipimpin Arab Saudi bisa membuat tuduhan seperti itu.

Baca juga : Rudal Houthi yang Ditembakkan ke Saudi Punya Ciri Khas Iran

Padahal, Yaman saat ini telah diblokir oleh koalisi pasca-gagalnya serangan rudal yang dilalukan Houthi untuk menargetkan bandara.

"Jangankan mengirim senjata, bantuan kemanusiaan pun tidak bisa disalurkan ke sana," papar Ghasemi.

Sebelumnya, Haley menyebut bahwa Teheran sengaja memasok persenjataan kepada Houthi.

Pernyataannya keluar setelah sistem pertahanan udara Saudi menghancurkan rudal yang ditembakkan dengan target istana Raja Salman.

Haley menyebut, rudal yang ditembakkan Houthi memiliki kemiripan dengan senjata yang diproduksi oleh Iran.

Sementara jurubicara koalisi mengatakan dengan mantap bahwa Iran mendukung kelompok pemberontak yang ada di Timur Tengah.

"Fakta adanya penggunaan senjata buatan Iran oleh teroris, termasuk Houthi, menjadi ancaman tidak hanya di kawasan, namun juga global," tutur jurubicara tersebut.

Baca juga : Saudi Hancurkan Rudal Houthi yang Incar Kediaman Raja Salman

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.