Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan di China Perintahkan Karyawannya Saling Tampar

Kompas.com - 20/12/2017, 06:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah rekaman video menunjukkan staf dari sebuah perusahaan saling tampar di atas panggung. Video yang diunggah ke media sosial pada Minggu (17/12/2017) tersebut menjadi viral di dunia maya.

Dalam video yang berdurasi 10 detik terlihat sejumlah wanita yang mengenakan seragam kemeja putih dan celana hitam duduk berlutut saling berhadap-hadapan di atas panggung.

Setiap pasangan kemudian saling menampar wajah satu sama lain secara berulang-ulang.

Baca juga: Restoran China Ditutup Gara-gara Pramusaji Salah Peras Kain Pel

Dilaporkan media Caijing dalam situsnya, even yang terekam dalam video tersebut adalah sebuah acara peringatan ulang tahun ke-14 perusahaan kecantikan Jinhuayuan Beauty Salon yang diadakan di Nanchang, ibu kota provinsi Jiangxi, Minggu (17/12/2017) lalu.

Juru bicara perusahaan, Luo menyampaikan kepada wartawan jika aksi saling tampar tersebut bukan hal yang istimewa dan hanya ditujukan untuk mengetes para karyawan.

"Mereka juga tidak sekadar saling menampar wajah satu sama lain. Hal ini telah kerap dilakukan di perusahaan lain untuk membangun semangat tim," kata Luo dikutip dari Daily Mail.

Kendati diklaim sebagai hal yang biasa, namun rekaman video yang beredar tersebut tetap mengundang keheranan dari pengguna internet.

"Anda bisa mendengar suara dari tamparan itu dan tahu kalau itu bukan sekadar akting. Bagaimana cara ini bisa membangun semangat tim?" tulis salah satu komentar.

Baca juga: Di China, Para Pengemis Menerima Sedekah Online

Sejumlah perusahaan di China memang pernah dilaporkan menggunakan cara-cara yang tidak biasa untuk mendidik karyawannya.

Pada 2016, perusahaan sales di Nanjing, provinsi Jiangsu memerintahkan karyawannya mencium tempat sampah di tempat umum atau memeluk orang yang melintas untuk melatih keberanian.

Sebelumnya pada 2015, sebuah perusahaan makanan di Changzhou, provinsi Jiangsu memerintahkan karyawan magangnya meminum air dari toilet agar mereka yakin toilet tersebut sudah benar-benar bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com