Kompas.com - 19/12/2017, 09:53 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


LONDON, KOMPAS.com - Kurang dari sebulan beroperasi dalam uji coba, kapal induk HMS Queen Elizabeth milik Angkatan Laut Inggris, yang bernilai 3,1 miliar poundsterling atau Rp 56,3 triliun, mengalami kebocoran poros pompa.

Kapal dengan ketinggian 280 meter yang diprediksi dapat bekerja selama 50 tahun, merupakan kapal terbesar dan terkuat yang pernah dibuat Inggris.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (19/12/2017), juru bicara angkatan laut Inggris menyatakan masalah dengan pompa telah diidentifikasi selama uji coba HMS Queen Elizabeth. Kapal raksasa ini akan diperbaiki ketika berada Portsmouth.

"Kebocoran itu tidak akan mencegahnya untuk dapat berlayar lagi. Program uji coba juga tidak akan terpengaruh," katanya.

Baca juga : Dipensiunkan, Kapal Induk AL Inggris Dijual Sebagai Besi Tua ke Turki

Dengan berat 65.000 ton, kapal induk ini memiliki kecepatan maksimum 25 knot.

Sejumlah perusahaan galangan kapal di sekitar Inggris terlibat dalam konstruksi HMS Queen Elizabeth, termasuk Govan dan Scotstoun di Glasgow, Appledore di Devon, Cammell Laird di Liverpool, A&P Tyne di Newcastle dan Portsmouth.

Sekitar 10.000 orang bekerja dalam pembangunan kapal terbesar di lapangan, sebelum bagian-bagian kapal tersebut dikirim ke Rosyth, Fife, tempat kapal dirakit.

Pada 2021, AL Inggris akan menugaskan kapal induk baru ini untuk menjalani tugas militer sesungguhnya.

Baca juga : Sebuah Mobil Berupaya Menerobos Pangkalan Udara AS di Inggris

Setelah uji coba, HMS Queen Elizabeth akan pindah ke rumah barunya di Portsmouth pada musim gugur tahun ini. Uji coba pendaratan pesawat dan helikopter akan digelar pada musim panas tahun depan.

Kapal ini memiliki dek pendaratan seluas 16.000 meter persegi dan mampu menampung 36 pesawat siluman F-35B.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.