Kompas.com - 19/12/2017, 01:51 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
- Sebuah kereta penumpang Amtrak tergelincir dari salah satu jembatan layang di atas jalan raya utama negara bagian Washington, Amerika Serikat, Senin (18/12/2017) waktu setempat atau Senin menjelang tengah malam WIB. Sejumlah orang dikabarkan tewas sampai berita ini diturunkan.

Seperti dikutip Reuters, juru bicara kantor sherif setempat, Ed Troyer, menyatakan ada korban tewas tetapi belum dapat menyebutkan jumlah pasti. Menurut Troyer, kereta yang tergelincir jatuh ke Interstate 5 dan menimpa sejumlah kendaraan yang melintas.

Salah satu penumpang Amtrak, Chris Karnes, mengatakan penumpang yang terjebak di dalam kereta harus memecahkan kaca jendela untuk keluar. Pintu darurat, ujar dia, tak berfungsi.

"Kami baru saja melewati DuPont dan sepertinya kami mengitari tikungan," kata Karnes, seperti dikutip Reuters dari kantor berita lokal KIRO 7. "Tiba-tiba, kami merasakan goyangan dan (ada) suara berderit, lalu rasanya kami sedang menuruni bukit."

Sesudah itu, lanjut Kernes, para penumpang terbanting ke depan, jendela pecah, kereta terhenti, dan ada air mengalir dari dalam kereta. Jeritan orang pun mulai terdengar.

Adapun Amtrak lewat akun Twitter-nya menyatakan kecelakaan ini mengakibatkan sejumlah orang terluka. Belum ada juga jumlah tepat yang disebutkan.

Keterangan awal Amtrak lewat akun Twitter-nya mengenai kecelakaan kereta di negara bagian Washington, Amerika Serikat, Senin (18/12/2017)Twitter/@Amtrak Keterangan awal Amtrak lewat akun Twitter-nya mengenai kecelakaan kereta di negara bagian Washington, Amerika Serikat, Senin (18/12/2017)

Insiden ini terjadi pada hari pertama kereta Amtrak tersebut mulai menggunakan rute baru antara kota Tacoma dan Olympia. Perubahan rute ini merupakan bagian dari upaya mengurangi waktu tempuh, berdasarkan siaran pers yang dilansir Departemen Transportasi Negara Bagian Washington pada Oktober 2017.

Dalam keterangan pers itu disebutkan, rute baru akan membawa kereta melintas sejalur dengan Interstate 5 dan memungkinkan kereta melaju dengan kecepatan 79 mil per jam—setara sekitar 127 kilometer per jam.

Kereta yang tergelincir ini adalah yang pertama berangkat dari Seattle pada pukul 06.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB, menuju Portland, Oregon.

Belum ada keterangan lanjutan apakah insiden tersebut terkait rute baru atau ada penyebab lain. Kereta tergelincir pada pukul 19.30 waktu setempat atau pukul 22.30 WIB di Dupont.

Foto yang didapatkan Reuters dari juru bicara Polisi Negara Bagian Washington memperlihatkan satu gerbong kereta terjatuh ke atas jalan raya di bawah jembatan layang rel, sementara satu gerbong lagi terlihat menggantung.

Kereta ini menurut media setempat yang dikutip Reuters membawa 70 penumpang, mengutip data Departemen Transportasi Negara Bagian Washington.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.