Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Korea Utara Peringati Enam Tahun Kematian Kim Jong Il

Kompas.com - 18/12/2017, 15:25 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


PYONGYANG, KOMPAS.com - Rakyat Korea Utara memperingati enam tahun kematian pemimpin mereka sebelum Kim Jong Un, Kim Jong Il, pada Minggu (17/12/2017).

Dalam video yang dirilis oleh kantor berita Korea Utara, KCNA, penduduk di Korea Utara terlihat sedang meletakkan bunga di depan patung Kim Jong Il, dan pendiri Korea Selatan Kim Il Sung di Pyongyang.

Rangkaian bunga yang bertuliskan nama pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong Un, juga dipajang di Mansu Hill, lokasi di mana patung-patung mantan pemimpin Korea Utara diletakkan.

Dilansir dari Channel News Asia, tak hanya penduduk biasa yang ikut dalam peringatan tersebut, tentara berseragam juga berkumpul untuk mempersembahkan bunga dan menghormati patung-patung itu.

Baca juga : Masa Berkabung 3 Tahun Terkait Wafatnya Kim Jong Il Berakhir

Kim Jong Il diyakini meninggal dunia akibat kondisi kesehatan yang diperburuk dengan adanya serangan jantung pada 17 Desember 2011. Sebelumnya, dia pernah menderita stroke pada 2008.

Laman Biography melaporkan Kim Jong Il lahir pada pada 1941 atau 1942. Kelahirannya masih diselimuti dengan misteri, termasuk kapan dan lokasinya.

Biografi resmi yang dirilis oleh pemerintah Korea Utara menyebutkan dia lahir pada 16 Februari 1942, di sebuah perkemahan rahasia, di Gunung Paekdu, dekat dengan perbatasan China.

Laporan lain menyebutkan, Kim Jong Il lahir di Vyatskoye, sebuah wilayah di Uni Soviet.

Baca juga : Korea Utara Peringati Dua Tahun Kematian Kim Jong Il

Pemerintah Korea Utara mengklaim Kim Jong Il menyelesaikan pendidikan umum pada September 1950 hingga Agustus 1960, di Pyongyang.

Namun, para pakar menilai periode tersebut bersamaan dengan meletusnya Perang Korea, sehingga mungkin saja dia menempuh pendidikan di China.

Penerus kepemimpinannya saat ini adalah putranya, Kim Jong Un, yang diperkirakan berusia 30-an tahun.

Baca juga : Korut Kembali Bersiap untuk Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Baru-baru ini, negara tersebut melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) pada 29 November 2017.

Rudal tersebut diklaim mampu menjangkau seluruh daratan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com