Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mahkota Saudi Dikabarkan Beli Rumah Rp 2,7 Triliun di Perancis

Kompas.com - 18/12/2017, 13:00 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

PARIS, KOMPAS.com - Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman kembali menjadi pembicaraan dunia.

Setelah menjadikan sebuah lukisan Leonardo da Vinci menjadi yang termahal di dunia, kini Pangeran Mohammed bin Salman dikabarkan membeli rumah termahal di dunia.

Chateau Louis XIV, istana seluas lebih dari 4.600 meter persegi di dekat kota Versailles yang pernah diincar Kim Kardashian sebagai tempat pernikahan, telah terjual pada 2015.

Berapa harganya? Sungguh membelalakkan mata yaitu 200 juta dolar AS atau tak kurang dari Rp 2,7 triliun!

Baca juga : Pangeran Arab Ini Pembeli Lukisan Yesus Termahal Dunia Karya Da Vinci

Pada 2015, identitas pembeli istana megah itu memang tak diungkap. Namun, harian The New York Times menyebut, berdasarkan hasil investigasi sang pembeli tak lain dan tak bukan adalah Pangeran Mohammed bin Salman.

Investigasi harian itu menunjukkan jejak dokumen yang mengarah dari pembelian properti yang disebut majalah Forbes sebagai rumah termahal di dunia itu ke pria yang juga kerap disebut MBS itu.

Klaim ini kemungkinan akan membuat gerah pangeran berusia 32 tahun itu yang di dalam negeri dikenal karena mengusulkan penghematan anggaran negara.

MBS juga menjadi buah bibir karena memimpin pemberantasan korupsi serta upaya para elit Saudi memperkaya diri sendiri.

Baca juga : Putra Mahkota Saudi Serukan Penyapuan Bersih Teroris di Muka Bumi

Harian The New York Times menyebut, kepemilikan Chateau Louis XIV ditutupi sejumlah perusahaan cangkang di Prancis dan Luksemburg.

Beginilah penampilan taman utama di Chateau Louis XIV yang konon dibeli Pangeran Mohammed bin Salman.Telegraph Beginilah penampilan taman utama di Chateau Louis XIV yang konon dibeli Pangeran Mohammed bin Salman.
Namun, semua perusahaan "abal-abal" itu dimiliki Eight Investment Company, sebuah perusahaan Saudi y ang dikelola yayasan milik Pangeran MBS.

Harian ini mendasari laporan tersebut dengan informasi yang diungkap dari bocoran dokumen yang disebut Paradise Papers yang diretas dari sebuah firma hukum di Bermuda.

The New York Times menambahkan,  istana Perancis itu termasuk di antara sejumlah pembelian barang mewah yang dilakukan belakangan ini antara termasuk kapal layar bernilai 400 juta dolar dan lukisan Leonardo da Vinci dengan harga 450 juta dolar AS.

Eight Investment baru-baru ini juga membeli sebuah peternakan seluas 250 hektaer di Conde-sur-Vesgre di dekat kota Paris.

Baca juga : Putra Mahkota Saudi Akan Bangun Kota Baru Bernilai Rp 6.700 Triliun

Chateau Louis XIV adalah bangunan bertema istana abad ke-17 tetapi sebenarnya baru dibangun beberapa tahun lalu.

Bangunan mewah ini memiliki kolam renang di dalam dan luar ruangan, bioskop pribadi, lapangan squash, dua ballroom, dan sebuah klab malam.

Selain itu, terdapat 10 kamar tidur mewah, ruang resepsi besar dengan langit-langit berbentuk kubah setinggi 15 meter yang dihiasi lukisan fresco.

Masih ada sebuah perpusatakaan, gudang anggur yang bisa memuat 3.000 botol, ruang meditasi yang terletak di bawah parit yang dikelilingi akuarium berisi ikan sturgeon raksasa di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com