Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Putin Pernah Jadi "Stuntman" Film Perang Produksi 1970-an

Kompas.com - 18/12/2017, 11:57 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal suka memamerkan kejantanan dirinya dalam sejumlah foto.

Beberapa foto, misalnya, memperlihatkan Putin bertelanjang dada di hutan, berlatih menembak, atau beradu ilmu bela diri judo.

Namun, ada sisi lain Putin yang belum banyak diketahui publik, yaitu menjadi stuntman atau pemeran pengganti dalam film-film Perang Dunia II produksi 1970-an.

Setidaknya itulah pengakuan kawan lama Putin, Vasily Shestakov. Dia mengatakan, Putin menjalani profesi itu saat dia duduk di bangku universitas.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

Kepada sejumlah media Rusia, Shestakov mengatakan, mantan agen KGB itu pernah membintangi sejumlah film perang yang menggambarkan pertempuran antara Uni Soviet dan Nazi Jerman pada masa Perang Dunia II.

Shestakov menambahkan, dia juga kerap bermain film bersama Putin. Bedanya, Putin tak pernah memerankan tentara Jerman, dia selalu berperan menjadi tentara Uni Soviet.

"Putin tak pernah memerankan tentara fasis," ujar Shestakov kepada harian Dozhd.

Dia menambahkan, Putin bermain di beberapa film produksi studio Lenfilm yang berbasis di St Petersburg pada 1970-an.

"Kami bersama-sama di (film) Izhora Batallion dan Blockade," tambah Shestakov.

"Kami mendapat bayaran cukup baik saat itu. Saya mendapat bayaran 110 rubel sebulan sebagai montir, tetapi film memberi saya 75 rubel sehari. Itu uang yang amat banyak," ujar Shestakov.

Pengakuan Shestakov itu didukung Nikolai Vashshilin, seorang atlet dan pemeran pengganti. Nikolai mengklaim, dirinya dan Putin belajar judo dari guru yang sama.

Baca juga: Putin Incar Jabatan Presiden Rusia untuk Periode Keempat

Namun, pengakuan kedua orang ini ditepis juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sembari menambahkan, dirinya tak mengetahui sama sekali kisah Putin bermain film di masa lalu.

Sementara itu, Lenfilm Studio juga tak memiliki dokumen yang mendukung klaim bahwa Putin pernah menjadi pemeran pengganti sejumlah film di masa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com