Kompas.com - 18/12/2017, 11:57 WIB
|
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal suka memamerkan kejantanan dirinya dalam sejumlah foto.

Beberapa foto, misalnya, memperlihatkan Putin bertelanjang dada di hutan, berlatih menembak, atau beradu ilmu bela diri judo.

Namun, ada sisi lain Putin yang belum banyak diketahui publik, yaitu menjadi stuntman atau pemeran pengganti dalam film-film Perang Dunia II produksi 1970-an.

Setidaknya itulah pengakuan kawan lama Putin, Vasily Shestakov. Dia mengatakan, Putin menjalani profesi itu saat dia duduk di bangku universitas.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

Kepada sejumlah media Rusia, Shestakov mengatakan, mantan agen KGB itu pernah membintangi sejumlah film perang yang menggambarkan pertempuran antara Uni Soviet dan Nazi Jerman pada masa Perang Dunia II.

Shestakov menambahkan, dia juga kerap bermain film bersama Putin. Bedanya, Putin tak pernah memerankan tentara Jerman, dia selalu berperan menjadi tentara Uni Soviet.

"Putin tak pernah memerankan tentara fasis," ujar Shestakov kepada harian Dozhd.

Dia menambahkan, Putin bermain di beberapa film produksi studio Lenfilm yang berbasis di St Petersburg pada 1970-an.

"Kami bersama-sama di (film) Izhora Batallion dan Blockade," tambah Shestakov.

"Kami mendapat bayaran cukup baik saat itu. Saya mendapat bayaran 110 rubel sebulan sebagai montir, tetapi film memberi saya 75 rubel sehari. Itu uang yang amat banyak," ujar Shestakov.

Pengakuan Shestakov itu didukung Nikolai Vashshilin, seorang atlet dan pemeran pengganti. Nikolai mengklaim, dirinya dan Putin belajar judo dari guru yang sama.

Baca juga: Putin Incar Jabatan Presiden Rusia untuk Periode Keempat

Namun, pengakuan kedua orang ini ditepis juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sembari menambahkan, dirinya tak mengetahui sama sekali kisah Putin bermain film di masa lalu.

Sementara itu, Lenfilm Studio juga tak memiliki dokumen yang mendukung klaim bahwa Putin pernah menjadi pemeran pengganti sejumlah film di masa lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.