Kompas.com - 17/12/2017, 12:43 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


CANBERRA, KOMPAS.com - Polisi menangkap seorang warga negara Australia keturunan Korea atas tuduhan menjual bagian-bagian rudal dan teknologi lainnya di pasar gelap untuk mengumpulkan uang bagi Korea Utara.

Pria berusia 59 tahun yang tidak disebutkan namanya itu berusaha untuk melakukan transaksi ilegal yang menghasilkan puluhan juta dolar bagi negara pimpinan Kim Jong Un.

Dilansir dari AFP, pada Minggu (17/12/2017), Asisten Komisaris Polisi Federal Australia, Neil Gaughan menyatakan pria tersebut juga terlibat dalam diskusi untuk mendirikan fasilitas produksi rudal balistik dan perencanaan suplai konstruksi rudal.

Selain itu, dia juga diduga mengirimkan sejumlah komponen, perangkat lunak, dan transfer keahlian teknis dari Korea Utara.

"Kejadian ini tidak pernah kita lihat sebelumnya di Australia," katanya.

Baca juga : Jepang Naikkan Anggaran Militer untuk Tangkal Korea Utara

Pria yang telah tinggal di Australia selama tiga dekade ini dituduh menggunakan layanan komunikasi terenkripsi untuk memfasilitasi sejumlah perdagangan, termasuk penjualan komoditas batu bara dari Korea Utara ke entitas di Indonesia dan Vietnam.

Saat ini, dia berada dalam tahanan dan menghadapi enam tuduhan dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Polisi menuduh pria tersebut berhubungan dengan pejabat tinggi Korea Utara dan menyebutnya sebagai agen setia Korea Utara.

"Pria ini adalah agen setia Korea Utara. Dia yakin tindakannya bertujuan untuk aksi cinta tanah air," ucap Gaughan.

Baca juga : Jepang Kembali Jatuhkan Sanksi ke Korea Utara

Penyidik tidak akan mengesampingkan tuduhan lanjutan, termasuk dugaan perdagangan komoditas lainnya seperti minyak dan batu permata.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.