Kompas.com - 16/12/2017, 15:12 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

DUBLIN, KOMPAS.com - Sepasang pria di Dublin, Republik Irlandia, melakukan pernikahan sesama jenis demi menghindari pajak.

Matt O'Sullivan dan Michael adalah dua orang tua yang bersahabat, dan tinggal bersama selama 30 tahun.

Seperti diwartakan Daily Mirror Jumat (15/12/2017), kedua pensiunan berusia 80 tahun ini bakal mengikat janji sehidup semati di Cashel pada 22 Desember mendatang.

Alasannya, Michael tidak ingin Matt harus membayar pajak rumah itu ketika dia meninggal kelak.

Dalam wawancaranya dengan RTE Live, Michael bercerita bahwa Matt berencana untuk menyerahkan rumah yang mereka tempati bersama kepadanya ketika Matt tiada.

Baca juga : Legalisasi Pernikahan Sesama Jenis di Irlandia Utara Cuma Soal Waktu

Namun, satu hal yang membuat Michael bingung adalah pajak warisan yang harus dia bayar mengingat dia bukan istri atau suami Matt.

Michael bercerita, seorang temannya mendapat rumah dari bibinya. Saat itu, harga rumah tersebut jatuh hingga 200.000 poundsterling Inggris, atau Rp 3,6 miliar.

Namun, oleh Dinas Akuisisi Pajak, teman Michael diwajibkan membayar 400.000 poundsterling Inggris, atau sekitar Rp 7,2 miliar.

Karena itu, mereka berdua memutuskan untuk menikah.

Jadi, ketika Matt meninggal, Michael yang notabene adalah "pasangan" Matt tetap menempati rumah tersebut tanpa harus membayar pajak warisan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.