Kompas.com - 16/12/2017, 14:20 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

YERUSALEM, KOMPAS.com - Gelombang kerusuhan dan bentrokan pasca-pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel terus terjadi antara aparat keamanan dengan warga Palestina.

Terbaru, dalam bentrokan yang terjadi Jumat (15/12/2017), empat warga Palestina dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka.

Dilaporkan Al Jazeera, dua dari empat korban yang tewas bernama Muhammad Amin Aqel al-Adam (18), dan Ibrahim Abu Thurayya.

Adam tewas pasca-dirawat di rumah sakit setelah tertembak oleh polisi Israel di Ramallah, Tepi Barat.

Baca juga : Mahkamah Agung Israel Perintahkan Kembalikan Jenazah Warga Palestina

Sebelum tewas, Adam diketahui menusuk polisi yang mengamankan protes di Ramallah.

Jurubicara pasukan Israel (IDF), Micky Rosenfeld menyatakan, mereka tengah mengivestigasi insiden tewasnya Adam.

"Kami juga tengah memastikan apakah remaja tersebut memakai rompi bom bunuh diri seperti yang dilaporkan petugas di lapangan," kata Rosenfeld.

Sementara Thurayya tewas dengan kehilangan kakinya tatkala berunjuk rasa di Jalur Gaza.

Dengan demikian, total jumlah korban orang Palestina yang tewas mencapai delapan orang dalam bentrokan yang hampir memasuki dua pekan tersebut.

Empat orang tewas dalam kerusuhan pekan lalu. Dua orang merupakan warga sipil yang tewas ditembak saat demonstrasi di Jalur Gaza.

Sementara dua orang lain merupakan milisi Hamas yang terkena serangan udara Israel di Nusseirat, jantung Gaza (9/12/2017).

Baca juga : Tentara Israel yang Menyamar Tangkap Demonstran Palestina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.