Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pria Transgender Asal AS Melahirkan Pasca-operasi Ganti Kelamin

Kompas.com - 15/12/2017, 22:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WISCONSIN, KOMPAS.com - Seorang pria transgender di AS melahirkan seorang bayi pertamanya pasca-menjalani operasi berganti kelamin.

Kaci Sullivan (30) asal Wisconsin, AS, terlahir sebagai perempuan dan memutuskan melakukan operasi perubahan kelamin menjadi laki-laki pada 2013.

Sullivan sebelumnya sempat melahirkan seorang anak laki-laki hasil hubungan dengan mantan suaminya.

Anak pertamanya yang bernama Grayson kini telah berusia lima tahun, lahir saat dia masih menjadi seorang perempuan.

Tiga bulan setelah kelahiran anak pertama, Sullivan memutuskan melakukan operasi perubahan kelamin menjadi laki-laki.

Baca juga: Transgender Pertama Menangkan Kursi Legislatif di AS

Dan anak keduanya, yang diberi nama Phoenix, lahir dengan berat 3,6 kilogram melalui operasi caesar, merupakan anak bersama pasangannya saat ini, Steven (27).

Dilansir dari The Independent, Jumat (15/12/2017), kehamilan Sullivan terjadi setelah dia memutuskan menghentikan asupan hormon laki-lakinya.

Pasangan Sullivan dan Steven kini memilih membesarkan anak mereka sebagai anak netral tanpa menentukan jenis kelaminnya dan membiarkan sang anak memilih sendiri ketika telah dewasa.

Meski mendapat tekanan dari banyak pihak, Sullivan mengaku sengaja mempertahankan kehamilannya demi meruntuhkan stigma soal orangtua transgender dan memilih tidak terlibat dengan pihak yang menentang.

"Saya tidak melihat kehamilan melekat dengan feminisme. Dan saya tidak setuju dengan peran gender. Saya tidak terancam dengan kehamilan akan membuat saya merasa kurang maskulin," kata Sullivan.

Sullivan mendokumentasikan saat-saat kehamilannya sebagai pria transgender dalam video yang kemudian diunggah ke media sosial.

"Ada banyak kegelisahan tapi yang paling penting bagi saya adalah mengirimkan pesan bahwa kehamilan bukanlah hal yang gender," kata dia.

Baca juga: Pria Transgender Asal AS Melahirkan Bayi Laki-laki

Kasus Sullivan bukan pria transgender pertama yang melahirkan di AS. Sebelumnya, Trystan Reese asal Portland, Oregon telah melahirkan bayi laki-laki.

Di Inggris, pria transgender Hayden Cross menjadi perbincangan setelah memutuskan untuk hamil dengan menggunakan donor sperma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com