Kompas.com - 15/12/2017, 16:25 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

SANA'A, KOMPAS.com - Kelompok teroris Yaman, Houthi, menanggapi santai pernyataan Amerika Serikat (AS) yang menyatakan senjata mereka dipasok dari Iran.

Jurubicara Houthi, Abdel Malek al-Ejri di Twitter menyanggah ucapan yang dilontarkan Duta Besar untuk PBB, Nikki Haley tersebut.

"Arah pernyataan mereka sudah jelas, mereka berusaha mengalihkan isu soal Yerusalem," sindir Ejri dilansir Reuters via The Times of Israel Jumat (15/12/2017).

Ejri melanjutkan, rezim Donald Trump tidak ingin Israel terus dihujat pasca-pengakuan Yerusalem adalah ibu kota Israel.

Baca juga : Dubes AS untuk PBB Sebut Iran Sebarkan Konflik di Timur Tengah

"Karena itu, AS berbuat seolah-olah Iran adalah pihak yang sangat jahat," ujar Ejri.

Sebelumnya, dalam pernyataannya di Washington Kamis (14/12/2017), Haley mengaku telah memiliki bukti kuat senjata Houthi dibuat oleh Israel.

"Iran memproduksinya, dan menyalurkannya kepada Houthi," ujar Haley.

Dia kemudian menuduh Teheran sengaja menyalakan konflik di Timur Tengah, dan menyerukan dunia agar menggalang koalisi membendung pengaruh mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.