Kompas.com - 14/12/2017, 15:05 WIB
|
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Bagi Anda yang pernah berkunjung ke India, pasti satu hal yang tak terlupakan adalah suara klakson di mana-mana.

Pengemudi mobil di India, entah mengapa, amat suka menekan klakson. Sehingga suara klakson menjadi bagian dari lalu lintas di berbagai kota India.

Dengan kondisi itu, maka jika seorang pengemudi India tidak suka menekan klakson merupakan sebuah anomali dan keunikan tersendiri.

Dipak Das, nama pengemudi itu, bahkan mendapatkan penghargaan karena tidak pernah membunyikan klakson sekalipun selama 18 tahun terakhir.

Baca juga : Setiap Jam, 17 Orang Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas di India

Penghargaan itu dinamain Manush Sanman dan Dipak, pengemudi yang berasal dari kota Kolkata, yakin suatu hari jalanan di India akan jauh lebih tenang dan tak disesaki suara klakson.

Kebiasaan membunyikan klakson di India tak lepas dari semrawutnya kondisi lalu lintas di berbagai kota. Klakson dibunyikan demi menghindari tabrakan atau senggolan di jalan raya.

"Warga harus dididik tentang betapa buruknya polusi suara seperti ini. Ini semua tentang kesabaran di jalan raya," ujar Vijay Agarwal, seorang pengguna jalan raya.

Nah, Dipak Das adalah jenis yang langka. Pria yang bekerja sebagai sopir banyak selebriti India itu mendapat pujian terkait upayanya mengurangi polusi suara.

Alhasil, penyelenggara acara Manush Mela (Festival Kemanusiaan) mengetahui kesopanan Dipak Das dalam mengemudi dan memberinya penghargaan.

Dipak sendiri amat yakin dengan upayanya tidak membuntikan klakson akan memberikan inspirasi kepada pengemudi lain untuk mengurangi penggunaan klakson di jalan raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.