Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Perusahaan Bangkrut, Maskapai Niki Austria Berhenti Terbang

Kompas.com - 14/12/2017, 08:07 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


VIENNA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Austria, Niki, akan mengentikan operasionalnya pada Kamis (14/12/2017) waktu setempat, setelah gagal dibeli perusahaan raksasa Jerman, Lufthansa, dari induk perusahaannya, Air Berlin, yang mengalami kebangkrutan.

Dilansir dari AFP, sebelumnya, Niki telah mengajukan proses insolvensi atau ketidakmampuan perusahaan untuk membayar utang.

Sementara, Lufthansa sudah menghubungi Air Berlin dan manajer insolvensi untuk merealisasikan rencana transaksi.

Namun, pekan lalu, Komisi Eropa mengkhawatirkan terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat, apabila operator yang berbasis di Frankfrut itu membeli 81 pesawat dari 140 armada Air Berlin dan Niki seharga 210 juta euro atau Rp 3,3 triliun.

Baca juga : Air Berlin Bangkrut, Sejumlah Bandara di Jerman Ikut Terdampak

Air Berlin merupakan maskapai kedua terbesar di Jerman yang mengalami kebangkrutan pada Agustus lalu. Perusahaan itu kehilangan suntikan dana tunai dari pemegang saham terbesarnya, Etihad Airways dari Uni Emirat Arab.

Maskapai Air Berlin masih beroperasi hingga Oktober 2017 melalui pinjaman daurat dari pemerintah sebesar 150 juta euro atau Rp 2,4 triliun.

Sementara, kebangkrutan tersebut diperkirakan tidak akan berdampak pada operasional maskapai Niki, sehingga perusahaan tersebut tetap menjual tiketnya.

Baca juga : Para Pilot Sakit, Maskapai Bangkrut Air Berlin Batalkan Penerbangan

Maskapai Niki yang memiliki rute penerbangan ke Eropa Selatan dan Afrika dari Wina dan kota-kota lain di Austria dan Jerman malah mengumumkan akan berhenti beroperasi mulai 14 Desember 2017.

Maskapai yang menjalankan sekitar 20 armada dan 1.000 karyawan ini, sedang mencari solusi untuk memulangkan penumpang untuk kembali ke Jerman, Austria, dan Swiss, meski dengan dana siaga yang kecil.

Pemerintah Austria bahkan menyatakan kesiapannya untuk membantu maskapai Niki memulangkan penumpangnya yang masih berada di luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com