Kompas.com - 13/12/2017, 15:31 WIB
|
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diklaim bisa mengatur kondisi cuaca jika dia menginginkan. Setidaknya itulah yang disampaikan kantor berita Korea Utara KCNA.

Kemampuan Kim Jong Un itu dilaporkan setelah dia diabadikan berada di puncak Gunung Paektuthe setinggi 2.743 meter yang diselimuti salju.

Dalam foto itu, Kim Jong Un berdiri di puncak gunung di perbatasan dengan China tersebut di bawah cuaca yang amat cerah dengan mengenakan mantel dan sepatu resmi.

KCNA mengabarkan, Kim Jong Un berjalan sejauh lebih dari 3 kilometer menuju ke puncak gunung tersebut. Dan, KCNA mengklaim cuaca menjadi cerah begitu Kim Jong Un tiba.

Baca juga : Rayakan Peluncuran Misil, Kim Jong Un Kunjungi Gunung Suci

KCNA menambahkan, cuaca di kawasan tersebut pada Desember biasanya amat tak bersahabat tetapi kondisi cuaca berubah begitu sang pemimpin datang.

Cuaca cerah yang tak diduga itu kemudian membuat KCNA menyebut Kim Jong Un sebagai sosok yang bisa mengendalikan cuaca.

Kantor berita Korea Utara itu memang dikenal kerap mengabarkan hal-hal fantastis terkait Kim Jong Un.

KCNA pernah mengabarkan Kim menemukan sarang unicorn atau kuda bertanduk dan sudah belajar mengemudikan mobil saat berusia tiga tahun.

Tahun lalu, KCNA juga mengabarkan, Kim Jong Un membantu terciptanya obat ajaib yang bisa mengobati kanker, ebola hingga AIDS.

Tak hanya itu, KCNA juga mengklaim ayah Kim Jong Un yaitu mendiang Kim Jong Il adalah penemu hamburger dan memiliki kekuatan magis sehingga tak pernah memerlukan toilet.

Baca juga : Kim Jong Un Masuk Nominasi Person of the Year Versi Majalah Time

Gunung Paektuthe sendiri memiliki posisi penting dalam sejarah Korea Utara.

Di gunung inilah disebut Kim Jong Il dilahirkan di sebuah pangkalan militer rahasia yang disambut kemunculan pelangi ganda.

Namun, sejumlah catatan resmi menunjukkan Kim Jong Il sebenarnya dilahirkan di satu tempat di Siberia, Rusia.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.