Kompas.com - 13/12/2017, 13:28 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel menjanjikan kenaikan gaji bagi polisi yang menjaga perbatasan, baik di Tepi Barat maupun Jalur Gaza.

Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan menyatakan, Polisi Perbatasan Israel menjadi ujung tombak ketika terjadi demonstrasi atau kerusuhan dengan warga Palestina.

Apalagi, situasi sepekan terakhir sangat memanas pasca-pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang dilakukan Presiden AS Donald Trump (6/12/2017).

Karena itu, Erdan menganggap gaji mereka harus setara dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Baca juga : Di Yerusalem, Umat Muslim dan Kristen Bersatu Menentang Israel

Dilansir The Times of Israel Selasa (12/12/2017), gaji tentara per bulan adalah 1.600 sheqel Israel, sekitar Rp 6.1 juta.

Sementara pendapatan polisi perbatasan yang memiliki risiko berhadapan dengan bahaya lebih besar hanyalah 1.100 sheqel Israel, atau Rp 4,2 juta.

"Apakah ada unit ujung tombak selain Polisi Perbatasan saat ini? Saya kira tidak," kata Erdan.

Ucapan Erdan terjadi setelah permintaan akan polisi perbatasan meningkat pesat. Bahkan melebihi pasukan penerjun payung maupun Brigade Golani.

Unit itu menjadi populer sejak konflik Israel-Palestina yang terjadi sepanjang 2015-2016.

Polisi Perbatasan juga dianggap unit yang lebih baik dibanding pasukan tempur IDF. Sebab, pergerakan mereka dinamis, dan durasi latihan mereka lebih keras dibanding IDF.

Baca juga : Palestina Dianggap Mampu Lawan Israel Jika Hamas dan Fatah Bersatu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.