Kompas.com - 13/12/2017, 12:58 WIB
|
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah jendela dari helikopter milik militer AS terlepas dan jatuh di lapangan sebuah sekolah di dekat pangkalan Korps Marinir AS di Okinawa, Jepang, Rabu (13/12/2017).

Ini merupakan insiden terbaru dari serangkaian peristiwa yang menimbulkan keprihatinan terkait masalah keselamatan di pulau yang berada di wilayah selatan Jepang itu.

Akibat insiden ini, seorang bocah berusia 10 tahun mengalami luka ringan karena terkena batu kecil yang terbang akibat tertimpa jendela helikopter itu.

Bocah itu adalah satu dari 50 anak-anak sekolah dasar yang sedang bermain di lapangan tersebut saat jendela helikopter angkut CH-53E Super Stallion itu jatuh.

Baca juga : Helikopter Marinir AS Terbakar di Okinawa

Pemerintah pusat Jepang dan Okinawa selama beberapa tahun terakhir sudah mempermasalahkan keberadaan pangkalan militer AS Futenma itu.

Warga setempat mengeluh karena menganggap mereka diperlakukan tidak adil karena menanggung beban menjadi tempat menampung militer Amerika Serikat.

"Insiden semacam ini menciptakan kecemasan tak hanya di antara warga yang anaknya berada di sekolah itu tetapi juga bagi seluruh warga Okinawa. Insiden semacam ini tak seharusnya terjadi," kata Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga.

Dalam jumpa pers, Suga mengatakan, pemerintah Jepang akan merespon secara wajar setelah mendapat penjelasan dari militer Amerika Serikat.

Sementara itu, Korps Marinir AS di Okinawa dalam pernyataannya mengatakan, setelah insiden terlepasnya jendela itu helikopter tersebut langsung kembali ke pangkalan dan melapor.

"Kami menangani insiden ini dengan amat serius dan kami melakukan investigasi untuk mencari penyebab masalah tersebut dan kami bekerja sama dengan pemerintah lokal," demikian pernyataan Korps Marinir AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.