Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi 48 Sentimeter, Ini Dia Keledai Terpendek di Dunia

Kompas.com - 12/12/2017, 23:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Seekor keledai bernama Ottie berpotensi menjadi keledai terkecil di dunia dengan hanya memiliki tinggi sekitar 48 sentimeter.

Ottie merupakan jenis keledai Amerika yang kini berusia sembilan bulan. Pemiliknya, Cheryl Griffiths (48) membawa pulang Ottie ke rumahnya di Swatry, desa Cambs, Inggris.

Keledai mini itu berpeluang menjadi yang terkecil di dunia saat sudah menginjak usia satu tahun dan tingginya tidak bertambah.

Baca juga: Makan Pepohonan di Halaman Lapas, 8 Keledai Dipenjara Empat Hari

"Ottie sangat luar biasa. Dia bisa menjadi hewan peliharaan yang hebat," kata Griffiths.

"Ottie begitu kecil hingga dia bisa berjalan di dalam rumah. Tapi seperti halnya keledai biasa, dia butuh tanah lapang untuknya berlarian."

"Dia juga suka bersuara keras saat ada orang di dekatnya, sehingga bisa juga menjadi hewan penjaga," tambahnya.

Dilansir Express, keledai terkecil di dunia versi rekor dunia Guinness saat ini adalah keledai berusia 10 tahun bernama KneeHi dengan tinggi 64 sentimeter yang ada di sebuah pertanian di Gainesville, Florida.

"Saya sudah mencari tahu sebelum membawanya pulang. Keledai 90 persen tumbuh maksimal di tahun pertamanya. Jadi saya tahu Ottie tidak akan bertumbuh semakin tinggi lagi," kata Griffiths.

Di peternakannya, Griffiths memiliki sekitar 12 kuda mini, namun tidak ada yang sekecil Ottie.

"Saya ingin mencarikan pasangan untuknya, agar dia tidak kesepian. Juga agar dia bisa berkembang biak dan orang lain bisa memiliki peliharaan sepertinya," ujar dia.

"Tapi saat ini Ottie masih terlalu muda. Kami harus menunggu setidaknya sampai dia berusia tiga tahun untuk itu," lanjutnya.

Juru bicara rekor dunia Guinness mengatakan regulasi untuk rekor keledai terkecil di dunia memiliki syarat hewan tersebut harus sudah setidaknya berusia satu tahun. Namun Guinness menantikan bisa bertemu dengan Ottie pada Maret tahun depan.

Baca juga: Pasokan Keledai ke China Dihentikan, Usaha Obat Pelancar Haid dan Sirkulasi Darah Terancam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com