Kompas.com - 12/12/2017, 21:14 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

MOSKWA, KOMPAS.com - Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) menyatakan kesiagaan atas kemungkinan kembalinya milisi ISIS menjelang digelarnya Piala Dunia dan pemilihan presiden pada 2018.

Pernyataan tersebut menyusul militer Rusia yang pekan lalu menyatakan Suriah telah terbebas dari kelompok ISIS.

Ditambah kunjungan mendadak Presiden Putin ke pangkalan angkatan udara Hmeimim pada Senin (11/12/2017), dan memutuskan dimulainya penarikan pasukan dari Suriah.

Rusia pertama kali mengintervensi konflik Suriah pada 2015 dengan mengirimkan bantuan serangan udara yang mendukung pasukan Suriah memerangi ISIS dan pemberontak.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

Pada tahun yang sama, Badan Keamanan Rusia memperkirakan ada sekitar 2.900 warga Rusia yang bergabung dalam pasukan asing ISIS.

Dengan lebih dari 40.000 ekstremis bergabung dari seluruh dunia setelah dideklarasikannya kalifah di Suriah dan Irak.

"Kini, setelah kekalifahan ISIS dinyatakan runtuh di kedua negara tersebut, pasukannya yang masih bertahan dan mencari wilayah baru, termasuk di Rusia," kata Direktur FSB Alexander Bortnikov dilansir AFP.

"Kembalinya para anggota kelompok bersenjata ilegal dari Timur tengah ke Rusia dapat menimbulkan bahaya yang nyata karena mereka dapat menjadi sel-sel pasif dan merekrut anggota baru," tambahnya.

Baca juga: Rusia Larang Media Agen Asing AS Miliki Akses ke Parlemen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.