Kompas.com - 12/12/2017, 18:08 WIB
|
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara diduga tengah berencana mendapatkan mesin untuk mendukung program pembuatan senjata biologisnya.

Negeri itu juga mempersiapkan pabrik untuk memproduksi mikroba mematikan serta sejumlah laboratorium dengan spesialiasai modifikasi genetika.

Korea Utara juga diyakini telah mengirimkan para ilmuwannya ke luar negeri untuk mendapatkan ilmu mikrobiologi .

Korea Utara juga menawarkan untuk menjual bioteknologinya ke negara-negara berkembang. Demikian diampaikan sejumlah pejabat intelijen AS dan Asia kepada harian The Washington Post.

Baca juga : Kisah Charles Jenkins, Tentara AS yang Membelot ke Korea Utara

Namun, para pejabat tinggi AS saat ini belum melihat adanya bukti kuat bahwa Korea Utara tengah berupaya memproduksi senjata biologi selain sejumlah prototipe.

"Bahwa Korea Utara telah memiliki peralatan biologi sudah diketahui," kata seorang pejabat senior AS.

"Pertanyaannya adalah, mengapa setelah mereka memiliki material dan teknologinya  tidak segera membuat senjatanya?" tambah pejabat itu.

Amerika Serikat sudah mewaspadai rencana rahasia Korea Utara untuk membuat senjata biologi lima bulan sebelum negeri itu melakukan uji coba nuklir pertamanya pada 2006.

Para pejabat intelijen segera mengirimkan laporan ke Kongres yang isinya memperingatkan bahwa Korea Utara sudah mendapatkan sejumlah patogen yang bisa mengakibatkan cacar dan antraks.

Intelijen AS juga memperingatkan, Korea Utara memiliki sejumlah ilmuwan dalam hal ini tetapi kekurangan sejumlah kemampuan teknis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.