Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di California Hanguskan Lebih 1.000 Bangunan

Kompas.com - 12/12/2017, 10:56 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN


SANTA BARBARA, KOMPAS.com - Sepekan setelah Api Thomas mengamuk di California, ratusan petugas pemadam kebakaran membuat beberapa kemajuan untuk mengendalikannya, pada Senin (11/12/2017) waktu setempat.

Dilansir dari CNN, nyala api yang luasnya melebihi kota New York, sekitar 20 persen mulai padam pada Senin malam.

Namun, hanya satu dari enam titik utama kebakaran hutan yang telah menghancurkan lebih dari 1.000 bangunan. Jumlah bangunan yang hangus diperkirakan masih akan terus bertambah.

Salah seorang penduduk Montecito, di Santa Barbara, Barbara Nimmo mengatakan selama hidupnya telah menyaksikan kebakaran hutan hebat, termasuk api Zaca yang membakar lebih dari 97.000 ha pada 2007, dan di Romero Canyon lebih dari 40 tahun lalu.

Baca juga : Kebakaran di California Meluas hingga Seukuran Kota New York

"Saya hanya hancur total, ini yang terburuk yang pernah saya lihat," katanya.

Penduduk lainnya, Antonio Wong telah kehilangan dua rumahnya dalam dua insiden kebakaran hutan yang berbeda di Calofornia.

Sebelumnya, dia dan keluarganya harus menyaksikan rumahnya hancur akibat kebakaran hutan di Santa Rosa, pada Oktober lalu.

Beberapa pekan setelahnya, Wong masih membereskan sisa-sisa rumah yang hangus itu. Tapi, rumahnya yang lain di Ventura, yang disewakan pada anggota militer, terbakar pekan lalu.

Baca juga : Dampak dari Kebakaran di LA, 200.000 Penduduk Dievakuasi

"Saya masih menghadapi dampak kebakaran di sini. Saya harus melakukan banyak hal untuk membangun kembali rumah di sini, tapi untuk membangun lagi rumah yang lain secara bersamaan tentu akan berat," katanya.

Seperti diketahui, Api Thomas telah melalap lebih dari 93.000 ha lahan, menjadikannya sebagai kebakaran terbesar kelima dalam sejarah modern California.

Nyala api memang lebih baik dibanding akhir pekan lalu, tapi angin kencang diperkirakan akan menimpa wilayah itu pada tengah pekan ini.

Ventura County dan beberapa daerah di sekitarnya dikelilingi api hingga Selasa ini. Temperatur udara diperkirakan berada di atas 80 derajat selama sepekan karena kelembaban udara yang rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com