Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Minta NASA Kirim Astronaut Lagi ke Bulan

Kompas.com - 12/12/2017, 09:47 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNBC,Sky News


WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump  memerintahkan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengirimkan antariksawan atau astronaut ke permukaan bulan.

Misi tersebut untuk mengawali ambisi pendaratan astronaut di planet Mars.

Dilansir dari CNBC, dalam perintah itu NASA harus memimpin astronaut Amerika melalui sebuah program eksplorasi angkasa yang inovatif, Space Policy Directive 1

Pengumuman itu melanjutkan tekanan Gedung Putih guna mengakhiri ketergantungan pada Rusia untuk peluncuran misi berawak, yang dimulai saat program pesawat ulang-alik pensiun enam tahun lalu.

Baca juga : NASA Selesai Uji Coba Sistem Pelacak Asteroid Berbahaya

"Ini menandai langkah penting untuk membawa kembaliastronaut Amerika ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972 dalam misi eksplorasi jangka panjang," katanya.

"Saat ini, kita tidak hanya mengibarkan bendera kita dan meninggalkan jejak kaki di sana. Kita akan mengawali fondasi untuk misi ke Mars, dan mungkin suatu saat ke planet lainnya," tambahnya.

Sudah 45 tahun sejak Apollo 17 mendarat di bulan. Mantan astronaut Buzz Aldrin menuliskan di Twitternya, misi Apollo 17 merupakan keenam kalinya manusia mendarat di permukaan bulan.

Kebijakan Trump membuatnya menjadi presiden ketiga di AS dalam 30 tahun terakhir yang membawa manusia menjejakkan kaki di bulan.

Laman Sky News menuliskan, Trump menyebut misi tersebut akan menginspirasi negara lain, sekaligus menunjukkan NASA menjaga semangat perintis misi luar angkasa.

"Hari ini semangat yang sama mendorong kita untuk memulai perjalanan eksplorasi dan penemuan baru, untuk menatap langit dan membayangkan kemungkinan yang menanti di bintang-bintang indah itu, jika kita memiliki mimpi besar," katanya.

Sebelumnya, pada 2004, Presiden AS kala itu, George HW Bush, meluncurkan visi tiga langkah untuk eksplorasi luar angkasa, berharap AS harus kembali ke bulan pada 2020."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC,Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com