Kompas.com - 11/12/2017, 20:33 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

KHARTOUM, KOMPAS.com - Polisi moral menahan 24 perempuan pada Rabu (6/12/2017) pekan lalu karena mengenakan celana panjang di sebuah pesta di Sudan.

Penangkapan tersebut dilakukan kepolisian moral Sudan setelah melakukan penggerebekan di tempat pertemuan di sebuah gedung di ibu kota Khartoum.

Para perempuan yang ditahan dikenakan tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh dan berpakaian provokatif.

Jika terbukti bersalah, para perempuan yang ditahan atas tuduhan tersebut berpeluang menghadapi hukuman cambuk 40 kali dan denda.

Baca juga: Penumpang Dapat Ancaman Bom, Pesawat Turki Mendarat Darurat di Sudan

Namun, setelah kabar penangkapan tersebut tersebar dan menuai protes dari masyarakat internasional, akhirnya pada perempuan yang ditahan tersebut telah dibebaskan.

Umumnya, kaum wanita di Sudan mengenakan jubah panjang dalam keseharian mereka.

Pasal 152 Undang-undang Tindak Pidana di Sudan memasukkan tindakan tidak senonoh di depan publik dengan mengenakan pakaian yang tak pantas serta menimbulkan perasaan tak nyaman di masyarakat.

Akan tetapi, kelompok aktivis menilai pemerintah, terutama polisi moral telah menerapkan undang-undang tersebut dengan sewenang-wenang.

Hal tersebut menyebabkan puluhan ribu perempuan setiap tahunnya ditahan dan harus menerima hukuman cambuk.

"Pesta pertemuan itu dilakukan di ruangan tertutup," kata salah seorang aktivis perempuan Amira Osman dikutip dari New Arab.

"Para wanita itu ditangkap karena mengenakan celana panjang meski mendapat izin dari pihak berwenang," tambahnya seraya mengatakan penangkapan telah melanggar hak perempuan.

Baca juga: Sudan Terima Jet Tempur Sukhoi dari Rusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.