Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunuh 7 Orang, Macan Tutul di India Ditembak Mati

Kompas.com - 11/12/2017, 09:41 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


NASHIK, KOMPAS.com - Petugas kehutanan menembak mati seekor macan tutul yang telah membunuh 7 orang, termasuk anak-anak dan perempuan selama sebulan terakhir.

Dilansir dari The Indian Express, Minggu (10/12/2017), kucing besar itu ditembak mati di dekat desa Varkhede, Jalgaon.

Kepala Petugas Kehutanan setempat, Rama Rao mengatakan kementerian kehutanan mengirimkan tiga penembak untuk mencari keberadaan macan tutul dan membunuhnya.

Mereka juga menyiapkan 10 kandang jebakan untuk menangkap macan tutul. Pada pukul 11.30 siang, macan tutul terlihat di dekat desa, dan salah satu penembak, Nawab Malik, menembak mati hewan liar tersebut.

Baca juga : Alasan Tragis di Balik Macan Tutul yang Terkam Empat Orang

Menurut laporan dari kementerian kehutanan India, salah satu korban yang tewas diserang macan tutul itu merupakan bocah laki-laki berusia 6 tahun, Kunal Parakash Ahira.

Macan tutul menyeretnya keluar rumah dan membunuhnya pada Kamais (7/12/2017).

Serangan macan tutul di India juga terjadi di tempat lainnya. Pada November lalu, seekor macan tutul berkeliaran di gedung sekolah di Dhirenpara, Assam, India, dan melukai empat orang.

Sebuah data baru pemerintah India pada Agustus 2017 menyebutkan serangan gajah dan harimau setiap hari menewaskan satu orang warga negeri itu.

Baca juga : Ada Macan Tutul di Dekat Landasan Pacu, Bandara Kathmandu Ditutup

Kondisi ini terjadi akibat habitat kedua hewan itu yang semakin terdesak bertambahnya jumlah penduduk.

Di sisi lain, manusia rata-rata membunuh satu ekor macan tutul sehari di saat konflik manusia dan hewan mencapai titik puncaknya.

Selama beberapa dekade terakhir, India kehilangan hutan dalam jumlah amat besar sehingga memperbanyak konflik antara manusia dan hewan.

Baca juga : Seorang Pria Tertangkap Kamera Tuntun Macan Tutul di Trotoar bak Bawa Anjing

Menurut data kementerian lingkungan India, sebanyak 1.144 orang tewas di seluruh India dalam jangka waktu 1.143 hari antara April 2014 hingga Mei tahun ini.

Kementerian menambahkan, dalam periode yang sama sebanyak 345 ekor harimau dan 84 ekor gajah juga mati, sebagian besar karena ulah pemburu gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com