Kompas.com - 10/12/2017, 13:27 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

HARARE, KOMPAS.com - Bank sentral Zimbabwe telah memerintahkan agar rekening milik dua petinggi sekutu Robert Mugabe dibekukan.

Kedua petinggi yang dimaksud adalah mantan menteri pendidikan tinggi Jonathan Moyo dan menteri pemerintahan daerah Savious Kasukewere.

Dalam sebuah instruksi yang dikirimkan kepada institusi keuangan negara, memerintahkan kepada bank untuk mengidentifikasi dan membekukan rekening milik kedua mantan menteri di era kabinet Mugabe itu.

Baca juga: Presiden Baru Zimbabwe Janjikan Pemilu Adil dan Bebas

Dilaporkan Africa News, keduanya dianggap sebagai anggota berpengaruh dari faksi G-40. Sebuah faksi di partai Zanu PF yang kemudian dituduh mengambil keuntungan dari kondisi kesehatan presiden dan terlibat dalam tindak kriminal.

Faksi itu juga yang mendukung istri Mugabe, Grace untuk naik menggantikan posisi presiden yang sudah berusia 93 tahun.

Saat dimulainya gerakan militer menuntut turunnya Robert Mugabe dari kursi presiden, kedua menteri tersebut dikabarkan melarikan diri dan masih tidak diketahui keberadaannya hingga saat ini.

Namun Moyo, melalui akun media sosialnya sempat mengunggah pernyataan yang menyebut perintah pembekuan bisa menjadi malapetaka bagi warga lain dan juga bisnis di Zimbabwe.

Zimbabwe yang saat ini di bawah pemerintahan baru dengan Presiden Emmerson Mnangagwa sedang berjuang keras mengembalikan perekonomian negara.

Mnangagwa juga mengeluarkan moratorium tiga bulan bagi pemilik dana yang luar negeri untuk mengembalikannya ke dalam negeri.

Baca juga: Presiden Zimbabwe Keluarkan Ultimatum Tiga Bulan untuk Tarik Aset dari Luar Negeri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.