Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Mantan Presiden Yaman Telah Dikubur di Kampung Halamannya

Kompas.com - 10/12/2017, 10:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

SANAA, KOMPAS.com - Jenazah mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang tewas dalam serangan pemberontak Houthi awal pekan lalu dikabarkan sudah dimakamkan.

Dilansir dari Al Arabiya, sebuah sumber telah mengonfirmasi pemakaman tersebut. Sumber yang turut hadir saat pemakaman menyebut tidak sampai 20 orang yang mengantarkan jenazah Saleh.

Sumber tersebut juga mengatakan jenazah Ali Abdullah Saleh dimakamkan di kampung halamannya di desa Al Ahmar, dekat dengan Sahnan.

Prosesi pemakaman digelar biasa tanpa ada seremoni khusus.

Baca juga: Milisi Houthi Tetap Tolak Kembalikan Jenazah Mantan Presiden Yaman

Menurut laporan berita, seorang pejabat militer Houthi yang mengatur serangan ke kediaman mantan presiden itu pada Senin (4/12/2017) lalu, juga menjadi penanggung jawab pemakaman.

Sumber tersebut mengatakan, proses pemakaman Saleh dilakukan di hadapan putra mendiang, Madin, keponakannya Mohammed Saleh, ketua perwakilan rakyat Yahya al-Ra'i dan pemimpin Houthi, Abu Hakim.

Sebelumnya, usai terbunuh dalam sebuah serangan di Sanaa, jenazah Saleh ditahan oleh pemberontak Houthi dan tidak diketahui lokasinya.

Aksi protes menuntut pengembalian jenazah sang mantan presiden juga digelar kelompok wanita yang menjadi pendukungnya.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) juga sampai terlibat dalam upaya membujuk kelompok Houthi agar bersedia menyerahkan jenazah Saleh, namun tetap ditolak.

Baca juga: Anak Mantan Presiden Yaman yang Terbunuh Serukan Balas Dendam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com