Kompas.com - 09/12/2017, 16:13 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah Irak berusaha mencari dana untuk membangun kembali kota-kota yang berhasil direbut dari kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pasukan pemerintah, yang didukung Amerika Serikat (AS), dan paramiliter Syiah, berhasil membebaskan 95 persen wilayah Irak dari ISIS.

Terakhir, pasukan gabungan berhasil merebut Kota Rawa pada 17 November lalu.

Rawa, yang terletak di lembah Sungai Eufrat itu diklaim sebagai basis pertahanan terakhir ISIS di Irak.

Dilansir Arab News Sabtu (9/12/2017), Menteri Perencanaan Irak, Salman Jumalili menyatakan, mereka membutuhkan dana setidaknya 100 miliar dolar AS selama 10 tahun ke depan dengan pinjaman dimulai pada 2018.

Baca juga : Irak Lancarkan Operasi Militer di Gurun untuk Usir ISIS

Jumlah itu setara dengan sekitar Rp 1.354 triliun.

Dalam rapat kabinet yang digelar Rabu (6/12/2017), Jumalili menyatakan dana itu tidak sekedar digunakan untuk rekonstruksi bangunan yang hancur karena perang.

Namun juga mengembangkan sekolah, rumah sakit, maupun mengaktifkan lagi denyut ekonomi di kota yang berhasil dibebaskan.

Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga yang masih masuk ke dalam usia produktif.

"Irak berharap kepada komunitas internasional untuk mendukung kami dalam merekonstruksi dan mengembangkan kota yang berhasil terlepas," kata Jumaili.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Arab News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.