Kompas.com - 08/12/2017, 16:40 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang mengumumkan telah memperoleh misil jarak menengah yang diklaim bisa menghancurkan Korea Utara (Korut).

Dalam konferensi pers, seperti dikutip reuters.com Jumat (8/12/2017), Menteri Pertahanan Itsunori Onodera menyatakan bakal memperkenalkan rudal jelajah udara Joint Strike Missile (JSM).

Rudal yang bisa menempuh jarak 500 kilometer ini diproduksi oleh perusahaan senjata asal Norwegia, Kongsberg Defence & Aerospace.

"Rudal ini akan dipasang di jet tempur siluman F-35A. Berfungsi sebagai rudal 'stand-off', JSM bakal ditembakkan di seluruh daerah yang dianggap pangkalan musuh," kata Onodera.

Selain itu, Onodera juga berujar bakal membeli misil jarak jauh udara-ke-permukaan (JASSM-ER) yang diproduksi Lockheed Martin.

Baca juga : Jepang Tolak Ajakan Dialog AS Bahas Korea Utara

Rudal yang bisa terbang sejauh 1.000 kilometer ini bakal terpasang di pesawat tempur F-15.

"Namun, kami tetap bergantung pada sistem pertahanan udara milik Amerika Serikat untuk menangkal serangan musuh," beber Onodera.

Sepanjang konferensi pers, reuter.com memberitakan Onodera sama sekali tak menyebut Korut.

Namun, banyak kalangan meyakini keputusan Jepang membeli dua jenis misil jelajah ini sebagai reaksi setelah Pyongyang meluncurkan rudal balistik antar-benua Hwasong-15.

Rudal yang ditembakkan 29 November itu diklaim bisa terbang sejauh 13.000 kilometer, dan menghancurkan seluruh daratan Amerika Serikat (AS).

Namun, lawan politik Perdana Menteri Shinzo Abe berpendapat, langkah Tokyo dalam membeli JSM dan JASSM-ER dianggap bisa memulai konflik sejak Perang Dunia II.

Baca juga : Daerah di Jepang Gelar Latihan Penyelamatan Sebagai Antisipasi Korut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.