Kompas.com - 06/12/2017, 23:55 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

SEOUL, KOMPAS.com - Angkatan darat Korea Selatan mempunyai rencana membentuk sebuah unit tempur menggunakan drone atau pesawat tanpa awak yang dilengkapi senjata.

Rencana tersebut diharapkan dapat terwujud pada tahun depan untuk membantu dalam menghadapi ancaman Korea Utara. Demikian dilaporkan dalam pernyataan resmi pada Selasa (5/12/2017).

Angkatan darat akan menyebut aset pertahanan yang masih dalam perencanaan itu dengan nama "dronebot" atau gabungan dari kata "drone" atau pesawat tanpa awak dan "robot".

Baca juga: Syuting Dokementer Pakai Drone, Wartawan Dihukum Dua Bulan Penjara

"Angkatan darat tengah berencana mendirikan sebuah organisasi khusus untuk mengembangkan dronebot ini."

"Nantinya organisasi ini akan bertugas membangun perangkat standar dan memperluas program dronebot berdasarkan fungsinya," kata salah seorang pejabat angkatan darat yang tak ingin disebutkan namanya.

Dikutip dari Yonhap, sebagai awalan, angkatan darat akan meluncurkan unit tempur dronebot pada tahun depan dan berharap dapar menjadikannya pengubah arah dalam peperangan.

Nantinya, tim tersebut akan mengoperasikan dronebot untuk melakukan pengintaian terhadap obyek vital Korea Utara, seperti situs nuklir dan misil.

Ke depan, rencananya dronebot juga akan bisa dikerahkan untuk melakukan operasi penyerangan.

Angkatan darat Korea Selatan juga tengah mempertimbangkan untuk mencontoh unit militer sejenis yang telah diterapkan militer Israel.

Baca juga: Singapura Tawarkan Drone untuk Bantu Tentara Filipina di Marawi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.