Kompas.com - 03/12/2017, 10:26 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


ABUJA, KOMPAS.com - Setidaknya 17 orang tewas dan 40 orang terluka dalam serangan bom bunuh diri oleh dua pelaku yang diduga dari kelompok Boko Haram di Biu, Nigeria, Sabtu (2/12/2017).

Laporan dari Al Jazeera menyebutkan, serangan bom bunuh diri ini merupakan salah satu dari lima atau enam insiden yang sama selama sebulan terakhir.

Namun, belum ada klaim tanggung jawab dari pihak tertentu. Pejabat setempat menyakini serangan tersebut sebagai ciri khas dari kelompok Boko Haram.

PBB mengestimasi 20.000 orang telah terbunuh dan setidaknya 1,7 juta orang berpindah sejak serangan Boko Haram pada 2009.

Baca juga : Nigeria Gelar Penuntutan Massal untuk 1.670 Tahanan Terkait Boko Haram

Militer Nigera juga sudah mengambil langkah operasi untuk menghancurkan kelompok tersebut, namun serangan balik terus meningkat di sebelah timur laut Nigeria.

Awal September lalu, Amnesti Internasional menerbitkan laporan yang mengatakan Boko Haram bertanggung jawab atas kematian 400 orang sejak April 2017.

Lebih dari setengah sekolah di Borno ditutup, yang berarti jutaan anak-anak tidak dapat memulai kegiatan sekolahnya pada tahun ini, karena ancaman Boko Haram yang terus meluas.

Baca juga : Boko Haram Serang Tim Eksplorasi Minyak, 50 Tewas

Sejak 2009, Boko Haram memberontak untuk mendirikan sebuah negara Islam di wilayah utara Nigeria yang sebagian besar warganya memeluk agama Islam.

Kebanyakan pakar menyebut Boko Haram tak bisa dibandingkan dengan kelompok Negara Islam untuk Irak dan Suriah (ISIS).

Kelompok ini hanyalah sebuah kelompok pemberontakan lokal dengan dana minim yang diperkuat para pemuda pengangguran yang nyaris tak pernah mendapatkan latihan militer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.